Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Warga Diimbau Gunakan Transportasi Umum demi Kurangi Polusi

Sabtu 06 Jul 2019 15:29 WIB

Red: Ani Nursalikah

Sejumlah gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.

Sejumlah gedung bertingkat terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.

Foto: Fakhri Hermansyah
Polusi udara Jakarta melampaui baku mutu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mendorong warga menggunakan transportasi publik dibanding kendaraan pribadi untuk ikut berkontribusi mengurangi polusi udara. "Salah satu cara memperbaiki kualitas polusi udara dengan peralihan penggunaan kendaraan pribadi dengan transportasi publik," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Andono Warih, di Lapangan Banteng, Sabtu (6/7).

Dorongan peralihan penggunaan transportasi itu sebagai respons atas kondisi udara di Jakarta yang menjadi sorotan akhir-akhir ini. Andono mengatakan, dari hasil pemantauan kualitas udara yang dilakukan Dinas LH sepanjang Januari-Juni 2019, terjadi tren kenaikan jumlah hari yang melampaui baku mutu, khususnya untuk parameter PM 2.5.

Parameter partikulat PM 2.5 merupakan partikel debu berukuran 2.5 mikron yang bersumber dari kendaraan bermotor, asap cerobong industri, debu dari kontruksi pembangunan infrastruktur, dan kegiatan domestik. Di sisi lain, Andono juga mengajak pemilik kendaraan pribadi rutin melakukan uji emisi demi memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

"Memastikan agar emisi yang dihasilkan kendaraannya tidak melampaui ambang batas yang telah ditetapkan," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menerapkan aturan uji emisi bagi kendaraan bermotor yang melintas di Jakarta pada 2020. Aturan ini, berlaku untuk seluruh kendaraan yang akan mengaspal di jalan-jalan Ibu Kota, termasuk kendaraan yang berasal dari luar daerah.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA