Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Tim Kreatif Jabar Unjuk Gigi di Eropa

Senin 08 Jul 2019 06:38 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Peserta pameran memperagakan pembuatan karya gambar ilustrasi dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012 di Epicentrum Kuningan, Jakarta, Rabu (21/11).  (Republika/Aditya Pradana Putra)

Peserta pameran memperagakan pembuatan karya gambar ilustrasi dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012 di Epicentrum Kuningan, Jakarta, Rabu (21/11). (Republika/Aditya Pradana Putra)

awa barat ke depan akan melakukan pengembangan ekonomi kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengirim delegasi dalam event kreatif terbesar di Eropa bernama TOA. Sejumlah negara dan brand dunia, khususnya berbasis IT dan kreatif, turut serta dalam event tersebut.

Delegasi Jawa Barat dipilih melalui proses seleksi open call terhadap pelaku ekonomi kreatif (ekraf). Disparbud yang bekerja sama dengan tim ekraf Jawa Barat akhirnya memilih empat orang, yaitu Erdy Suryadarma, Imam Pesuwaryantoro, Fikri Gustin, dan Hera Wijaya.

Mereka terpilih karena memiliki aktivitas di bidang ekonomi kreatif khususnya bebebasis digital dan IT dan sudah eksis pada kegiatan tsb di kotanya masing-masing. Erdy di kota Bandung, Fikri sebagai konsultan e commerce di kota Bandung dan Imam di kota Bekasi.

Salah satu persyaratan open call adalah mereka harus memiliki aktivitas rutin pada bidang digital dan IT dan harus dapat mengembangkan kegiatannya tersebut pada down lower nya. Termasuk sharing experience pada event TOA yang diikuti sekarang.

Rombongan Jawa Barat yang berangkat ke Berlin, Jerman, pada tanggal 1 Juli tersebut dipimpin oleh Ida Machmudah Misran. Selama di Berlin, rombongan mengikuti beberapa international Conference Economic Creative dan workshop.

Menurut Ida Machmudah yang mewakili Disparbud Provinsi Jawa Barat, Jawa barat ke depan akan melakukan pengembangan ekonomi kreatif. Khususnya yang berbasis pada digital art performing dan IT dan ini sebagai langkah aktif untuk networking dengan beberapa negara lain, seperti event SXSW conference and Festival Austin- Texas Amerika serikat selain itu juga kerjasama antar negara pengembang ekonomi kreatif yang berbasis IT dan art.

Selain itu, kata dia, rombongan Jawa Barat juga menjajaki kerja sama dengan beberapa mitra ekraf dunia. Beberapa kesepakatan yang terjalin akan dilanjutkan pada Event International Conference of West Java di Bandung pada 2020. Event TOA ini merupakan yang pertama kali diikuti Jawa Barat. Event TOA berlangsung dari tanggal 2 sampai 5 Juli.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA