Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Harga Cabai di Solo Rp 55 Ribu Per Kilogram

Selasa 09 Jul 2019 15:26 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: Republika/Prayogi
Kenaikan harga cabai membuat pembelian menurun.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Harga komoditas cabai di pasar tradisional Kota Solo makin perkasa seiring terjadinya gagal panen di sejumlah daerah. "Cabai rawit merah hari ini naik dari Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 55 ribu per kg," kata salah satu pedagang Samini di Pasar Gede Solo, Selasa (9/7).

Baca Juga

Sedangkan untuk cabai merah besar terakhir kali mengalami kenaikan sekitar satu minggu lalu dari Rp 54 ribu per kg menjadi Rp 55 ribu per kg. Untuk cabai merah keriting naik dari Rp 55 ribu per kg menjadi Rp 60 ribu per kg.

"Untuk cabai hijau besar naik dari Rp 20 ribu-25 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg dan cabai rawit hijau kenaikannya paling besar dari biasanya Rp 13 ribu-15 ribu per kg menjadi Rp 50 ribu per kg," katanya.

Ia mengatakan cabai yang dijualnya didatangkan dari Boyolali. Dengan kenaikan tersebut, pembelian juga mengalami penurunan.

"Penurunannya tidak banyak, dari biasanya beli satu kilogram jadi setengah kilogram. Tetapi kebanyakan pembeli lebih memilih harga mahal daripada barangnya tidak ada," katanya.

Untuk komoditas lain, yaitu bawang merah harganya stabil Rp 30 ribu per kg dan bawang putih Rp 35 ribu per kg. Harga daging ayam juga mengalami kenaikan dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 32 ribu per kg. Salah satu pedagang, Haryanti, mengatakan kenaikan harga daging ayam ini mengikuti harga ayam hidup dari tingkat peternak.

"Sejak ada bagi ayam itu kan harga ayam di peternak naik, dari Rp 14 ribu/Kg hidup menjadi Rp 20 ribu per kg hidup," katanya.

Ia berharap harga ayam hidup bisa kembali normal di angka Rp 18 ribu per kg. Dengan demikian, pedagang bisa menjual daging ayam dengan harga Rp 30 ribu per kg sesuai dengan kondisi normal.

Selanjutnya, untuk komoditas telur ayam turun dari Rp 24 ribu per kg menjadi Rp 23 ribu per kg, selanjutnya untuk minyak goreng stabil di harga Rp 12 ribu per liter, gula pasir Rp 13 ribu per kg, dan beras di harga Rp 11 ribu-13 ribu per kg.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA