Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Mabes Polri tak Tetapkan Target pada Seleksi Capim KPK

Jumat 12 Jul 2019 19:44 WIB

Red: Andri Saubani

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan (tengah) berjabat tangan dengan wartawan saat halalbihalal di halaman Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan (tengah) berjabat tangan dengan wartawan saat halalbihalal di halaman Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Foto: Antara/Reno Esnir
Ada 13 perwira tinggi Polri yang lulus seleksi administrasi capim KPK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, Polri tidak menargetkan anggotanya untuk lolos dalam seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK). Ada 13 perwira tinggi Polri yang lulus seleksi administrasi capim KPK.

Baca Juga

"Tidak ada (target). Itu kewenangan pansel," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/7).

Meski tak menargetkan hasil apa pun, Polri percaya diri karena telah merekomendasikan perwira-perwira tinggi terbaiknya untuk mengikuti seleksi capim KPK. "Polri mempersiapkan pati-pati terbaik yang memiliki komitmen dan integritas tinggi. Silakan Pansel yang memilih sesuai mekanisme yang sangat ketat," katanya.

Dedi menyebut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan pun berpeluang terpilih kembali menjadi komisioner. "Bu Basaria kemungkinan memiliki peluang yang cukup besar," katanya.

Basaria merupakan perempuan pertama yang terpilih menjadi komisioner KPK. Ia terpilih dalam pemilihan yang dilakukan secara terbuka oleh Komisi III DPR RI pada Desember 2015 untuk periode 2015-2019.

Ada 13 unsur Polri yang mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan KPK periode 2019-2023. Semuanya dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Tiga belas orang tersebut bersama dengan 179 orang lainnya yang juga lolos tahap seleksi administrasi, akan bersaing dalam uji kompetensi yang meliputi objective test dan penulisan makalah di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Kamis 18 Juli 2019.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA