Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Menpora Ingin Atlet Muaythai Fokus untuk Sea Games 2019

Jumat 12 Jul 2019 19:45 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Menpora Imam Nahrawi didampingi Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Yuni Poerwanti meninjau Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sea Games 2019 cabang Olahraga (Cabor) Beladiri Muaythai di Rizen Kedaton Resort, Jl. Lodaya, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/7) siang

Menpora Imam Nahrawi didampingi Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Yuni Poerwanti meninjau Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sea Games 2019 cabang Olahraga (Cabor) Beladiri Muaythai di Rizen Kedaton Resort, Jl. Lodaya, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/7) siang

Foto: kemenpora
Ada 11 atlet yang akan diberangkat ke Sea Gemes 2019 di Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menpora Imam Nahrawi didampingi Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Yuni Poerwanti meninjau  Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sea Games 2019 cabang Olahraga (Cabor) Beladiri  Muaythai, Jumat (12/7) siang. Dalam tinjauan tersebut juga hadir Ketua Umum Muaythai Indonesia (MI) Sudirman.

Menpora disambut dengan upacara penyambutan dan langsung menyaksikan para atlet berlatih sekaligus ikut mencoba beberapa peralatan latihan para atlet. Dengan menggunakan sarung tinju Muaythai, Menpora pun berlaga seperti atlet Muaythai. Pukulan-pukulan yang diarahkan pelatih Muaythai begitu keras.

Pada kesempatan itu, Menpora pun  menekankan agar para atlet menyiapkan diri menyongsong Sea Games 2019. "Saya meminta kepada para atlet untuk menyiapkan diri untuk Sea Games 2019 di Filipina. Ini akan menjadi kabar baik bangsa Indonesia bahwa kalian  sekarang sedang berlatih untuk memberikan terbaik bagi merah putih. Doa dan dukungan masyarakat amat sangat penting bagi keteguhan hati mereka," kata dia.

Ia pun mengaku senang bisa melihat langsung para atlet Muaythai berlatih. "Hari ini saya senang bisa melihat langsung para atlet muaythai berlatih. Kalian adalah pejuang-pejuang merah putih yang terus berlatih dengan mengorbankan segalanya demi sebuah martabat bagi bangsa Indonesia," ujarnya.

Ia melanjutkan, mengawal sebuah cita-cita besar tidaklah mudah apalagi cabor muaythai belum menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Karenanya, ke depan muaythai ini harus menjadi pilihan anak muda Indonesia.

"Karena itu, kalian  berjuang bukan untuk diri kalian sendiri atau  untuk  keluarga kalian sendiri. Tapi lebih dari pada itu, kalian harus berjuang  untuk masa depan muaythai di Indonesia agar dapat berkembang dan digemari  jutaan anak muda Indonesia," ucap dia.

Menurutnya, pejuang-pejuang olahraga adalah orang yang dihargai dan dihormati dimanapun berada. "Bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan bila ada dua peristiwa penting, yaitu saat kunjungan Presiden ke sebuah negara dan saat atlet menjadi juara," katanya

Sementara itu, Ketua Umum MI Sudirman mengatakan ada 11 atlet yang akan diberangkat ke Sea Gemes 2019 di Filipina. Pelatnas Sea Games 2019 sudah dimulai pada bulan Februari 2019.

Baca Juga

"Pada saat itu, kami kumpulkan  sebanyak 35 atlet, kemudian kita terus evaluasi dan sekarang ada 12 atlet. Dari 12 atlet ini yang akan diberangkat sebanyak 11 atlet untuk bertanding di Sea Games 2019.  Berarti kami harus mendegradasi satu orang lagi," ujar Sudirman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA