Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Gempa Dangkal Masih Guncang Halmahera Selatan

Selasa 16 Jul 2019 05:37 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Warga mengungsi di tenda darurat pascagempa bumi di Desa Balita, Gane Barat, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Senin (15/7/2019).

Warga mengungsi di tenda darurat pascagempa bumi di Desa Balita, Gane Barat, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Senin (15/7/2019).

Foto: Antara/Nasdi
Gempa bumi magnitudo 7,2 mengguncang Halmahera Selatan pada Ahad (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Gempa berkategori dangkal pada kedalaman 10 kilometer berkekuatan magnitude 5,3 masih mengguncang Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Senin. Wilayah Kabupaten Halmahera Selatan diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,2 pada Senin, pukul 17:35:25 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lindu yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah laut sebelah timur laut Kabupaten Halmahera Selatan ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar mendatar.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Gane IV MMI, Labuha III MMI, dan Ternate II-III. Gempa bumi ini merupakan rangkaian dari gempa susulan agnitudo 7,2 sebelumnya dan hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Rahmat juga mengajak warga menghindari bangunan yang retak atau rusak, memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA