Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Siswa SMA Meninggal, Gubernur Sebut Pentingnya Peran Ortu

Selasa 16 Jul 2019 10:17 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Sejumlah siswa baru mengikuti Masa orientasi siswa (MOS). (Ilustrasi)

Sejumlah siswa baru mengikuti Masa orientasi siswa (MOS). (Ilustrasi)

Foto: Republika/Yasin Habibi
Seorang siswa SMA Taruna Palembang meninggal saat MOS.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru meminta agar peran orang tua lebih maksimal dalam mendidik anak. Ia menginginkan anak-anak tumbuh berkualitas sekaligus menjadi generasi bermoral.

Baca Juga

"Peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting karena merekalah yang dapat mengarahkan kehidupan keluarga," katanya usai menghadiri rapat konsultasi TP PKK Sumsel di Palembang, Selasa.

Bukan itu saja, menurut dia, peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak agar tak menjadi pribadi yang agresif. Dengan begitu, insiden kekerasan seperti yang terjadi saat masa orientasi sekolah SMA Taruna Palembang ini tidak terjadi lagi.

"Ini viral. Ada anak baru mau masuk SMA meninggal. Sebenarnya kita bukan cari siapa yang salah dan benar, tapi pelakunya pastinya punya jiwa keras yang tidak terkontrol. Apa sumbernya? Kemungkinan bisa karena salah didikan," katanya.

Herman mengakui bahwa pengasuhan memang menjadi tanggung jawab bersama. PKK juga diharapkan punya peran mengedukasi keluarga agar hal seperti ini tidak terjadi lagi.

"Kekerasan terhadap anak jangan sampai terjadi sehingga pendidikan dalam keluarga sangat diperlukan," katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru dalam rapat konsultasi mengatakan, PKK menjadi bagian tak terpisahkan dalam rencana pembangunan daerah sehingga gerakan organisasi itu sangat dibutuhkan. Selain itu, PKK dapat memberikan andil dan turut ambil bagian dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga menuju masyarakat yang maju dan sejahtera termasuk dalam menyiapkan generasi yang berkualitas.

Feby mengatakan, rapat konsultasi tersebut sarat makna bagi gerakan PKK pada masa yang akan datang. Melalui pertemuan itu ini diharapkan dapat menjadikan beberapa program pokok dan unggulan khususnya tahun 2019.

"Program ini mutlak harus kita laksanakan dan sukseskan bersama agar masalah yang terjadi dalam masyarakat dapat terselesaikan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA