Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Mensos Siapkan Bantuan untuk Korban Gempa di Bali

Selasa 16 Jul 2019 19:20 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari

Wisatawan memotret reruntuhan tebing akibat gempa bumi di kawasan obyek wisata Pantai Melasti, Badung, Bali, Selasa (16/7/2019).

Wisatawan memotret reruntuhan tebing akibat gempa bumi di kawasan obyek wisata Pantai Melasti, Badung, Bali, Selasa (16/7/2019).

Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Mensos sedang menghitung dampak gempa di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang mengungkapkan tengah menggerakkan tim untuk menghitung akibat gempa bumi yang terjadi di Provinsi Bali hari ini. Langkah tersebut sebagai upaya respons atas korban bencana yang membutuhkan bantuan di sana.

Baca Juga

"Sekarang seperti di Halmahera, Bali juga sedang di assesment (dihitung). Jadi di mana pun bencana di Indonesia, kami sudah sesuai SOP-nya," katanya saat kunjungan kerja di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (16/7).

Pihak Kemensos juga telah menyiapkan bantuan logistik bagi para korban bencana. Kebutuhan yang secara khusus disiapkan ialah tenda, makanan darurat, pakaian dalam, air.

"Pengungsi sudah kami siapkan tenda. Termasuk dapur umurnya sudah kami deploy (terjunkan), juga berkaitan pakaian, khusus pakaian dalam ibu-ibu, anak anak ada disiapkan," ujarnya.

Ia menekankan penyaluran bantuan ke Bali sudah sesuai mekanisme di Kemensos. Ia menjelaskan bantuan yang disalurkan didasarkan pada hasil perhitungan dampak.

"Tentu sistem sudah berjalan dengan baik di Kemensos. Tinggal tunggu penyaluran dari assesment (perhitungan). Berapa besar bantuan dan bencana disalurkan disesuaikan dengan assesment itu," ucapnya.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA