Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Haedar Nashir: Penyataan Amien Rais Jangan Dianggap Sinis

Rabu 17 Jul 2019 20:34 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr H Haedar Nashir MSi.

Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr H Haedar Nashir MSi.

Foto: Republika/Bowo Pribadi
Haedar meminta semua pihak belajar berinteraksi dan saling koreksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi pernyataan Amien Rais agar pemerintahan Jokowi-Maruf diberi kesempatan sambil diawasi secara demokratis. Dia mengatakan, sikap tersebut menunjukkan jiwa kenegarawanan dan sikap seorang reformis.

"Beliau yang paham betul tentang hakikat dan implementasi demokrasi," kata Haedar Nashir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/7).

Menurut Haedar, sikap yang ditunjukan Amien harus ditanggapi secara objektif. Demokrasi, kata Haedar, memang dinamis dan memerlukan visi yang luas. Untuk itu ia meminta semua pihak untuk tidak menanggapi sikap tersebut dengan sinis.

Baca Juga

Hal tersebut dilakukan demi keutuhan dan masa depan bangsa. Menurut Haedar, semua pihak di negeri ini harus terus belajar berinteraksi dan saling koreksi secara sehat dan dewasa dan jangan mempersempit wawasan dan sikap.

"Indonesia itu negeri besar milik bersama dan bukan milik satu dua orang atau golongan," katanya.

Dia mengatakan, para elite di negeri ini memang dituntut keteladanannya dalam berdemokrasi dengan visioner. Dia melanjutkan, sikap bijak Amien Rais perlu diikuti oleh para elite dan warga bangsa agar Indonesia makin bersatu dalam dinamika dan keberagaman menuju Indonesia berkemajuan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA