Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

Seni Bambu Setengah Miliar di Bundaran HI Dibongkar

Kamis 18 Jul 2019 14:24 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Friska Yolanda

Petugas Suku Dinas Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Pusat saat mengganti tanaman rusak yang berada di sekeliling instalasi seni bambu Getah Getih di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (23/6).

Petugas Suku Dinas Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Pusat saat mengganti tanaman rusak yang berada di sekeliling instalasi seni bambu Getah Getih di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (23/6).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seni bambu tersebut dibongkar karena sudah rapuh akibat cuaca.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seni Bambu dengan nama Getah-Getih yang berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dibongkar sejak Rabu (17/7) malam. Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, pembongkaran dilakukan karena instalasi bambu mulai rapuh dan dikhawatirkan runtuh.

"Iya dilakukan pembongkaran karena bambunya sudah mulai rapuh karena cuaca sehingga jalinan bambu sudah mulai jatuh khawatir roboh," ujar Suzi saat dikonfirmasi, Kamis (18/7).

Baca Juga

Ia mengatakan, usai dibongkar tempat bekas instalasi bambu untuk sementara akan ditanami tanaman. Hal itu dilakukan sambil menunggu jika akan ada instalasi karya lainnya.

"Sementara ditanam border semak, ground cover sambil menunggu instalasi lainnya," kata Suzi.

Instalasi bambu tersebut sengaja dipasang sebagai ucapan selamat datang terhadap perhelatan Asian Games 2018 lalu. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta Joko Avianto membuat instalasi bambu untuk Jakarta.

photo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau instalasi bambu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (15/8).

Beragam karya dari material bambu garapan Joko telah dipamerkan di Frankfurt Book Fair pada Oktober 2015. Menurut Anies, bambu adalah material yang sering kali dianggap tak bernilai. Namun kreativitas Joko seolah mematahkan anggapan itu. 

Untuk membuat karya bambu Getah-Getih, Pempror DKI menggelontorkan dana sekitar Rp 550 juta. Menurut Anies, kehadiran instalasi bambu itu mengirimkan pesan bahwa masih ada sisi tradisional di tengah gedung-gedung yang mengelilingi Bundaran HI.

Kebanggaan Anies terhadap karya seni bambu itu juga dituangkan dalam akun Instagram miliknya. Beberapa foto unggahannya tersebut dia beri judul "Getah-Getih". Terdapat secuplik kalimat mengharukan yang melengkapi foto-foto karya seni tersebut. 

Di antaranya yakni, "Bentangan dan balutan bambu ini jadi pengirim pesan. Di tengah deretan beton tinggi yang cakarnya menggenggam tanah Ibu Kota, hadir karya bambu yang lembut, sederhana, tapi kompleks. Di sini, dari gagasan, ribuan bambu ini membentuk sebuah kesatuan dan persatuan. Dari gagasan, jutaan anak bangsa ini membentuk kesatuan dan persatuan. Mari kita sambut kembali saudara-saudara se-Asia dengan pesan persatuan, dengan kehangatan Indonesia, dan dengan kebanggaan bernegara."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA