Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Zulkifli Berharap Pemilihan Ketua MPR Lewat Musyawarah

Kamis 18 Jul 2019 14:46 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.

Foto: Republika/Flori Sidebang
Pemilihan ketua MPR lewat musyawarah dinilai bisa membuat suasana menjadi sejuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024 dilakukan dengan musyawarah mufakat. Hal itu agar suasana sejuk bisa terjaga dengan baik.

"Kalau pimpinan, sekali lagi MPR sebagai Majelis Permusyawaratan Rakyat seperti yang lalu, kami harap betul-betul bisa sejuk," kata Zulkifli usai rapat pimpinan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Zulkifli mengatakan, pengalaman sebelumnya pemilihan pimpinan MPR berlangsung 'keras'. Namun dia berharap pemilihan Pimpinan MPR periode 2019-2024 ini bisa diselesaikan dengan musyawarah mufakat.

"Ciri khas MPR karena namanya Majelis Permusyawaratan Rakyat, jadi diharapkan apapun nanti melalui musyawarah mufakat," ujarnya.

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang juga berharap pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024 dilakukan dengan musyawarah mufakat sesuai harapan masyarakat. Dia menilai musyawarah mufakat merupakan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah.

"Rakyat mau bagaimana? Musyawarah mufakat, itu adalah pokok utama kita dalam menyelesaikan masalah," kata Oesman.

Dia mengatakan kalau tidak tercapai musyawarah untuk mufakat maka bisa dilakukan dengan pemungutan suara atau voting.

Menurut dia, mekanisme voting tidak melanggar undang-undang sehingga tidak masalah kalau dilakukan. "Kalau tidak bisa (musyawarah mufakat), terpaksa harus voting, tetapi kalau bisa musyawarah untuk mufakat bagus sekali," ujarnya

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA