Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Pembebasan Lahan Tol Japek Selatan II Sudah 60 Persen

Kamis 18 Jul 2019 17:05 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih

Jajaran petinggi PT Jasa Marga (Persero) saat meninjau lokasi seksi III Jalan Tol Japek II Selatan di Desa Cigelam dan Mulyamekar, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, Kamis (18/7).

Jajaran petinggi PT Jasa Marga (Persero) saat meninjau lokasi seksi III Jalan Tol Japek II Selatan di Desa Cigelam dan Mulyamekar, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, Kamis (18/7).

Foto: dok. Humas Japek II Selatan
Pembebasan lahan 27,85 km terus dikebut.

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero), melalui kelompok usahnya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), mslansir hingga pertengahan Juli 2019 ini pembebasan lahan sudah mencapai 60 persen di wilayah seksi III. Kebutuhan lahan di wilayah seksi ini, yang meliputi dari Taman Mekar menuju Sadang, Kabupaten Purwakarta, mencapai 27,85 kilometer. Saat ini, pembebasan lahan terus dikebut.

Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani, mengatakan, hari ini pihaknya bersama Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Adrian Priohutomo, meninjau langsung lokasi pembebasan lahan di Kabupaten Purwakarta. Peninjauan ini, guna memastikan kelancaran proyek jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan II.

"Pembangunan ini, rencananya akan di mulai dari wilayah seksi III yang masuk ke Purwakarta, terlebih dulu," ujar Desi, melalui rilis yang diterima //Republika//, Kamis (18/7).

Saat ini, perusahaan terus mengupayakan percepatan pembebasan lahan dengan melakukan identifikasi permasalahan pengadaan tanah di lapangan. Serta, terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meminimalisasi kendala. Supaya, pembangunan fisik dapat segera dilaksanakan.

Sekarang ini, lanjut Desi, tanah milik instansi lemerintah sudah diperoleh izinnya. Serta, sudah dimulai pekerjaan fisiknya. Tinggal, pembebasan lahan milik masyarakat. Targetnya, pembebasan lahan ini bisa selesai di akhir tahun 2019.

"Kalau lahannya sudah beres, maka kita bisa secepatnya melalukan pembangunan," ujarnya.

Desi menyebutkan, kehadiran jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Selain itu, jalan tol ini, akan terhubung dengan JORR II dan Tol Cipularang.

"Dengan demikian, dapat pula menurunkan biaya logistik karena distribusi barang menuju dan dari wilayah-wilayah yang dilewati kedua jalan tol tersebut, jarak tempuhnya jadi lebih singkat," ujarnya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini, memiliki panjang 62 Km yang terdiri atas tiga seksi. Seksi I mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 Km
Seksi II dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 Km. Serta, seksi III dari Taman Mekar menuju Sadang sepanjang 27,85 Km.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA