Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Pansel Serahkan Nama Capim KPK ke Presiden pada 2 September

Kamis 18 Jul 2019 17:47 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani

Ketua pansel calon pimpinan KPK Yenti Garnasih saat di Wawancarai Republika, Jakarta.

Ketua pansel calon pimpinan KPK Yenti Garnasih saat di Wawancarai Republika, Jakarta.

Foto: Republika/Prayogi
Hari ini, 192 pendaftar capim KPK menjalani tes objektif dan penulisan makalah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK akan menyerahkan nama-nama yang sudah diseleksi kepada Presiden RI Joko Widodo pada 2 September 2019. Ada 192 pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Baca Juga

"Dengan tahapan-tahapan yang sudah kita atur, insya Allah tanggal 30 Agustus itu selesai, tanggal 2 September kita serahkan ke Presiden," kata Ketua Pansel Yenti Garnasih di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Kamis (28/7).

Yenti mengatakan, Pansel Capim KPK bekerja sebagai perpanjangan tangan Presiden. Sehingga, bila ada pihak-pihak yang mendorong pansel untuk segera menyerahkan nama-nama hasil seleksi, Yenti mengatakan, bukan pansel yang memutuskan.

"Kita tak akan mengatakan mau yang sekarang, mau yang nanti, tetapi kita menyiapkan. Kalau presiden mau sekarang, kita sudah bisa, Kalau mau nanti terserah, jadi kita memberikan," kata Yenti.

Yenti mengatakan, pansel telah mengatur seluruh tahapan seleksi. Pada seleksi kali ini, pansel mengadakan tahapan tambahan berupa psikotes, asesmen profil dan debat pubilik.

Debat publik capim KPK ini, kata Yenti, diselenggarakan atas permintaan pemimpin redaksi media massa. Sehingga, pekan depan, Yenti akan bertemu dengan pemimpin redaksi media massa untuk membahas rencana tersebut.

"Karena itu memang ide dari pemred dan kita hanya mengikuti saja hanya kita memang minta kepada pemred mengemasnya jangan sampai jatuhnya di election pemilihan tapi tetap selection," ujar Yenti.

Para pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikuti seleksi tahap uji kompetensi yang meliputi tes objektif dan penulisan makalah. Seleksi tahap ini  diselenggarakan pada hari ini di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA