Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Gema Keadilan Siap Gandeng OK-OCE Ikut Bangun Jakarta

Kamis 18 Jul 2019 23:22 WIB

Red: Agus Yulianto

Ahmad Hidayat

Ahmad Hidayat

Foto: Foto: Istimewa
Fenomena pemuda di era digital saat ini cukup mengkhawatirkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Organisasi kepemudaan Gema Keadilan DKI Jakarta membuat Pemuda Penggerak Kampung. Gerakan ini dibuat sebagai jawaban terhadap respons dari masyarakat yang meminta pemuda lebih berperan aktif dalam mewujudkan kota jakarta yang maju dan bahagia.

"Sebenarnya ini tuntutan dari masyarakat soal keikutsertaan pemuda di kampung. Agar pembangunan tak melulu soal fisik tapi juga jiwanya," kata Ketua penggagas Gerakan Pemuda Penggerak Kampung, Ahmad Hidayat, di Jakarta, Kamis (18/07)

Menurut Pria yang akrab dipanggil Aday, fenomena pemuda di era digital saat ini sudah cukup mengkhawtirkan. Pemuda begitu gagah di media sosial tapi gagap di kampung sendiri. 

"Kita mau membangkitkan lagi fungsi dasar peran pemuda dalam bermasyarakat di ruang lingkup terkecil di wilayahnya. Menjadi penggerak kebaikan dan pembangunan," kata Ahmad.

Untuk itu, Ahmad melanjutkan, nantinya Pemuda Penggerak Kampung juga akan memberikan keterampilan dasar kepada pemuda dalam memajukan kampung sekitar.

"Keterampilan wirausaha, tanggap bencana, olahraga, dan public speaking. Pemuda harus berdaya di kampungnya sendiri," ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan, Gerakan Pemuda Penggerak Kampung akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memulai gerakan tersebut. "Kita sudah melakukan komunikasi ke OK-OCE. Mereka siap membatu gerakan ini. Karena kita punya irisan yang sama. Walau kita lebih spesifik kepada pemuda," kata dia. 

Tak hanya OK-OCE, gerakan ini juga akan berkolaborasi dengan komunitas-komunitas pemuda yang lain. " Tak hanya dengan OK-OCE, kita juga sudah komunikasi dengan GeKraf, Kampung Digital, dan juga Organisasi Kemahasiswaan," pungkas Ahmad. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA