Saturday, 16 Zulhijjah 1440 / 17 August 2019

Saturday, 16 Zulhijjah 1440 / 17 August 2019

Depok Miliki Alat Cangih Pendeteksi Kualitas Udara

Sabtu 20 Jul 2019 00:05 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda

Gedung bertingkat tersamar kabut polusi udara di Jakarta, Senin (8/7/2019).

Gedung bertingkat tersamar kabut polusi udara di Jakarta, Senin (8/7/2019).

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Alat AQMS dapat mendeteksi kadar udara hingga radius lima kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kota Depok saat ini memiliki alat cangih pendeteksi kualitas udara atau Air Quality Monitoring System (AQMS) yang terpasang di samping gedung PKK, di Balai Kota Depok. Alat cangih tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca Juga

"Alat AQMS ini dapat mendeteksi kadar udara hingga radius lima kilometer. Panelnya ada di Balai Kota Depok dan posisinya harus terpasang di lahan terbuka. Jadi kualitas udara di Depok ini dapat kita deteksi secara dini setiap harinya melalui AQMS," ujar Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, dan Penataan Lingkungan Dinas Lingkungan dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Bambang Supoyo di Balai Kota Depok, Jumat (19/7).

Menurut Bambang, pengelolaan dan perbaikan alat ini dibawah kewenangan Kementerian LHK. Diperkirakan Agustus atau September papan layar AQMS akan terpasang di Jalan Raya Margonda tepatnya di Perempatan Jalan Juanda.

"Masyarakat dapat mengetahui kadar udara di Kota Depok dengan hanya melihat di papan layar. Disitu akan terlihat kualitas udara setiap harinya apakah dalam kategori baik atau buruk," terangnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA