Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

KKSB Kembali Lakukan Aksi Penembakan di Wilayah Trans-Papua

Ahad 21 Jul 2019 03:24 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) berpose dengan latar bendera Bintang Kejora.

[ilustrasi] Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) berpose dengan latar bendera Bintang Kejora.

Foto: Dok TPNPB
Penembakan terjadi ketika aparat melakukan istirahat, shalat, dan makan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi penembakan kembali dilakukan oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di area pembangunan Trans Papua, Nduga, Papua. Penembakan terjadi ketika aparat pengamanan dari TNI tengah melakukan istirahat, shalat, dan makan.

"Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 12.45 WIT, saat anggota TNI sedang melaksanakan Istirahat, sholat, makan," ujar Kapendam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/7).

Aidi menjelaskan, aksi penembakan tersebut terjadi di lokasi pembangunan jembatan Sungai Yuguru. Lokasi tersebut menjadi bagian dari proyek strategis nasional Trans Papua Wamena-Mumugu, di Distrik Yuguru, Kabupaten Nduga, Papua. Penembakan ini diduga dilakukan kelompok Egianus Kogoya.

"Pasukan TNI yang tengah beristirahat tiba-tiba mendapatkan serangan yang muncul dari semak belukar dengan jarak sekitar 300 meter," terangnya.

Menurut Aidi, penembakan ini terjadi secara singkat karena mereka menyerang dengan metode tembak dan lari. Pelaku yang diperkirakan berjumlah empat hingga lima orang tersebut menyerang prajurit TNI dengan rentetan tembakan.

"Pasukan TNI berusaha membalas tembakan dan melakukan pengejaran. Namun dengan pertimbangan keamanan, karena medan belukar yang sangat tertutup dan banyak jurang yang curam, maka pengejaran dihentikan," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA