Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Nunung dan Suami Terancam 5 Tahun Kurungan

Senin 22 Jul 2019 08:25 WIB

Red: Budi Raharjo

Anak dari pelawak Nunung Srimulat, Bagus Permadi (tengah) didampingi Ketua Gerakan Peduli Anti Narkoba (GPAN), Brigjen Pol Siswandi (kanan) dan pelawak Tarzan (kiri) memberikan keterangan pers terkait kasus narkoba pelawak Nunung di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Anak dari pelawak Nunung Srimulat, Bagus Permadi (tengah) didampingi Ketua Gerakan Peduli Anti Narkoba (GPAN), Brigjen Pol Siswandi (kanan) dan pelawak Tarzan (kiri) memberikan keterangan pers terkait kasus narkoba pelawak Nunung di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Polisi mengungkap Nunung mengenal narkoba sejak 20 tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komedian Tri Retno Prayudati atau yang dikenal dengan Nunung (NN) terancam hukuman di atas lima tahun penjara terkait kasus narkoba jenis sabu. Nunung ditangkap bersama suaminya, July Jan Sambiran, seusai melakukan transaksi dengan tersangka TB di kediaman mereka, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7).

Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Met ro Jaya, AKBP Jean Calvin mengatakan, Nunung, July, dan TB langsung ditetapkan sebagai tersangka di hari pertama penangkapan. Ketiganya diancam hukuman di atas lima tahun penjara. "Karena ini kan tertangkap tangan ya. Untuk ancamannya, di atas lima tahun," kata dia, Ahad (21/7).

Nunung, kata Calvin, mengakui mulai mengenal narkoba sejak 20 tahun lalu. Sementara itu, July menggunakan narkoba jenis sabu sejak 24 tahun lalu. Hal itu diuangkapkan keduanya dalam pembuatan berita acara pemeriksaan (BAP). "Pengakuan tersangka NN itu ju ga sudah dituangkan dalam BAP," kata dia.

Calvin menjelaskan, Nunung sudah memesan sabu sebanyak enam kali ke pada TB sejak Maret 2019. TB selalu menyerahkan barang haram itu langsung ke rumah Nunung dengan pembayaran tunai.

Dalam transaksi sabu, Nunung dan TB sepakat jika ada orang lain yang bertanya, keduanya harus mengaku TB mengantar perhiasan. "Jadi, seolah-olah ada jual beli perhiasan di situ dan itu pun diakui oleh keduanya," kata Calvin.

Pada saat penangkapan, awalnya pela ku TB juga mengakui bahwa dirinya menyerahkan perhiasan hasil pesanan Nunung. Namun, setelah melakukan interogasi, mereka tidak bisa menyangkal lagi.

Calvin juga mengungkapkan, Nunung selalu mengajak suaminya untuk menemani menggunakan narkoba. Meskipun sang suami sudah berusaha mengimbau agar berhenti, Nunung tidak mengindahkan. "JJ sudah beberapa kali juga menyampaikan kepada NN agar tidak menggunakan narkoba lagi," kata dia.

Nunung diketahui menggunakan sabu pada pagi hari sebelum memulai aktivitasnya. Calvin menyebut, tujuannya agar menambah stamina saat bekerja. "Sejauh ini saya dapati itu digunakan untuk stamina dan kemauan dia sendiri," kata Calvin.

Terpisah, Satnarkoba Polrestabes Bandung menangkap Zulfikar, pemeran Jamal dalam sinetron 'Preman Pensiun'. Jamal ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Cicadas, Kota Bandung pada Sabtu (20/7) dini hari.

Kuasa Hukum Zulfikar, Hengky Solihin, mengatakan, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap Zulfikar. Berdasarkan hasil tes urine pun dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis sabu. "Saya sedang mengajukan permohonan untuk direhabilitasi," kata Hengky, Ahad (21/7). (flori sidebang/zuli istiqomah ed: ilham tirta)

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA