Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Ridwan Kamil Gelar Kunjungan Kerja ke Inggris

Senin 22 Jul 2019 13:32 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Emil menyebut kunker yang dijadwalkan sejak tahun lalu itu membawa tiga misi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengawali kunjungan kerja ke Inggris dengan meresmikan sudut budaya Jawa Barat di pusat musik dan seni budaya South Hill Park, Bracknell, Ahad (21/7). Lokasi sudut budaya itu tidak jauh dari Lapangan pacuan kuda Ascot, London.

Emil melakukan kunjungan kerja ke Inggris dari 21 hingga 24 Juli. Gubernur yang akrab disapa dengan nama Emil itu juga akan mengadakan beberapa pertemuan serta menjadi pembicara dalam acara "A Peaceful Dialogue yang digelar British Institute of Peace" di Manchester.

Ridwan Kamil, Senin (22/7), mengatakan bahwa kunjungan kerja ke Inggris yang sudah dicanangkan sejak tahun lalu adalah membawa tiga misi. Pertama finalisasi dari proyek investasi Inggris sebesar 3 triliiun rupiah untuk mengatasi masalah sampah plastik di Jabar.

Proyek ini akan dilakukan di lima lokasi yang akan menjadi proyek percontohan mengatasi sampah plastik yaitu kota Bogor, Bekasi, Bandung, Cirebon, dan Tasikmalaya.

Apabila berhasil maka plastik di Jabar bisa diubah menjadi bahan bakar yang akhirnya Jabar menjadi percontohan di kawasan negara ASEAN, ujarnya. Limbah plastik ini rencananya akan diolah menjadi bahan bakar bersumberdari limbah atau waste to fuel.

Kedua rencana pengiriman ulama Jabar ke Inggris kerja sama dengan Kedutaan Besar Inggris di Indonesia yang meluncurkan kampanye English for ulama. Kegiatan ini berupa pelatihan Bahasa Inggris untuk para ulama. Hal ini sejalan dengan program pelatihan Bahasa Inggris yang diberikan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat kepada para ulama.

Diharapkan akan ada pertukaran ulama di antara dua negara dan ulama dari Jabar bisa menjadi duta dialog Islam yang ramah. Selain Inggris dapat menjadi pintu dalam memperkenalkan Islam yang wakasiah ke Eropa.

Ketiga adalah bidang pendidikan kerja sama dengan pemerintah Inggris terkait revitalisasi SMK di Jawa Barat berupa vocasional. Pemerintah Inggris bisa memberikan bimbingan dan pelatihan kepada pelajar SMK Jabar dalam menyongsong revolusi 4.0, ujarnya.

Menurut Gubernur Emil intinya kunjungan kerja ke Inggris dengan tiga agenda utama dari total 26 pertemuan yang direncanakan.
Sementara itu, Tim Akselerasi Pembangunan Jawa Barat Ridwansyah Yusuf Ahmad kepada Antara menyebutkan ke 26 pertemuan yang diagendakan antara lain Guberbur Emil bertemu dengan perusahaan Plastic Energi yang akan membantu mengatasi masalah sampah plastik di Jabar dan berkunjung ke Perusahaan teh di Inggris Finlays Tea.

Selain itu Gubernur juga akan menghadiri bisnis forum UK Asean Business Council dan berkunjung ke Bandara Manchester serta acara dialog dengan City of Glasgow College on Vocational skills, demikian Ridwansyah Yusuf Ahmad.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA