Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Kunker ke Inggris, Ridwan Kamil Resmikan 'Sudut Sunda'

Selasa 23 Jul 2019 04:14 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Foto: Republika/Bayu Adji P
Ridwan Kamil menyerahkan sejumlah alat musik tradisional.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka meresmikan Sudut Sunda di South Hill Park, Bracknell, Inggris, Ahad (21/7). Dalam kesempatan tersebut, gubernur yang akrab disapa 'Emil' ini menyerahkan sejumlah alat musik tradisional seperti satu set degung, satu set angklung, satu set tarawangsa, dan sejumlah pakaian Sunda.

''Satu alat angklung itu menghasilkan satu not, diarahkan oleh konduktor dan akan menjadi sebuah irama lagu, seperti bohemian raphsody,'' ujar Ridwan, dalam rilis yang dikirim oleh Humas Pemprov Jabar, Senin (22/7).

South Hill Park Arts Center adalah pusat kebudayaan yang terletak di London. Lokasi ini kerap menampilkan pertunjukan komedi terkemuka di dunia, pertunjukan balet nasional, drama internal hingga acara kesenian tahunan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan tidak hanya mengenalkan alat musik angklung. Ia juga mengenalkan tokoh wayang golek, Cepot, kepada Wali Kota Bracknell Town serta CEO South Hill Park Arts Center, Craig Tiley.

Sementara Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London, A Aminudin Aziz, mengatakan keberadaan 'Sudut Sunda' dapat memperkaya perkembangan seni budaya Indonesia di Inggris. Karena ini, budaya Indonesia selama ini biasanya dikaitkan dengan seni budaya Jawa seperti Yogya, Solo, dan Bali.

“Padahal, masyarakat Sunda adalah penduduk terbesar kedua di Indonesia,” kata Aminudin.

Seni budaya Sunda di Inggris sejatinya sudah digiatkan oleh seniman Sunda bernama Simon Cook. Cook merupakan warga Bracknell yang juga alumni Darmasiswa Tahun 1989 di ASTI –kini bernama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI).

Hal itu juga yang menjadi salah satu alasan Bracknell dipilih sebagai pusat pengembangan budaya Sunda di Inggris. Cook pun menyatakan kesiapannya untuk mengembangkan budaya Sunda di Inggris.

''Bracknell punya pusat kebudayaan yang cukup representatif untuk pengembangan seni budaya baru,” katanya. CEO South Hill Park Arts Center, Craig Tiley, menyatakan akan menjadikan gamelan degung sebagai program baru yang tetap.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA