Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Bobot Sudah Menyusut, Arya akan Jalani Operasi Bedah Plastik

Selasa 23 Jul 2019 17:00 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pasien eks penderita obesitas Arya Permana (tengah) didampingi Dokter Spesialis Anak dan Gizi Anak bersiap melakukan pemeriksaan awal sebelum operasi bedah plastik di RSUP Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Pasien eks penderita obesitas Arya Permana (tengah) didampingi Dokter Spesialis Anak dan Gizi Anak bersiap melakukan pemeriksaan awal sebelum operasi bedah plastik di RSUP Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Foto: Antara/Novrian Arbi
Arya akan menjalani operasi bedah plastik untuk membuang kulit yang menggelambir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Arya Permana (13), anak yang sebelumnya mengidap obesitas akan menjalani operasi bedah plastik untuk membuang sisa kulit yang masih menggelambir setelah proses operasi penurunan bobot tubuh. Operasi tersebut akan dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Rabu (24/7).

Ketua tim bedah plastik untuk penanganan Arya, dr Harsi Siswo, mengatakan operasi itu akan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahapan tersebut dibagi ke dalam beberapa bagian kulit yang akan dibuang.

"Yang pertama adalah gelambir di lengan atas dan bawah, kemudian tahap kedua bagian dadanya, ketiga perutnya yang disebut dengan operasi tummy tuck, keempat kemudian pahanya dan pinggangnya," kata Harsi di RSHS Bandung, Selasa.

Setiap tahapan operasi tersebut, menurut Harsi, membutuhkan selang waktu antara tiga sampai enam bulan dengan menyesuaikan kebutuhan proses pemulihan. Operasinya akan memakan waktu sampai tiga jam.

"Operasi akan dibagi dua tim, segala resiko akan kami antisipasi, dari dokter anak juga sudah mengatakan layak untuk dilakukan operasi," kata dia.

Menurut Harsi, proses operasi bocah asal Karawang yang semula memiliki bobot 101 kg itu akan dilakukan dengan teknik yang halus agar komplikasi dapat terhindarkan. Walaupun menurutnya dalam setiap operasi selalu ada resiko, tetapi kemungkinannya kecil.

Ketua tim penanganan Arya, dr Dida Gurnida menyebut saat ini kondisi kesehatan Arya dalam keadaan yang optimal. Dia mengatakan Arya sudah sepekan menjalani perawatan pra operasi.

"Kondisi (Arya) normal, dari psikiatri, bedah plastik menyebut dalam keadaan optimal, rencananya besok dioperasi, tidak ada masalah mudah-mudahan," kata Dida.

Sementara itu, Direktur Utama RSHS Bandung, dr Nina Susana Dewi menyebut Arya adalah pasien BPJS yang seluruh biaya operasinya akan ditanggung. Untuk besarnya biaya operasi dr Nina belum menyebut secara rinci .

Baca Juga

"Arya ini pasien BPJS, tapi ini di cover semua sama kami," kata Nina

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA