Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

UBSI Jadi Tuan Rumah Soft Launching SIL@T

Selasa 23 Jul 2019 19:04 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana soft launching Sistem Informasi dan Layanan Terpadu (SIL@T).

Suasana soft launching Sistem Informasi dan Layanan Terpadu (SIL@T).

Foto: Dok UBSI
SIL@T memuat layanan EWS, SIDIK, serta E-Office In 7 Out.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) ditunjuk oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III sebagai tuan rumah pelaksanaan soft lauching Sistem Informasi dan Layanan Terpadu (SIL@T) yang diselenggarakan bersamaan dengan Sosialisasi Permenristekdikti No.59/2018 dan POMNAS. Kegiatan itu dilaksanakan di  BSI Convention Center Jalan Kaliabang nomor 8, Perwira,  Bekasi, Jawa Barat, Senin  (22/7).

Acara ini dihadiri oleh Dr Illah Sailah MS (kepala LLDikti Wilayah III), Dr  M  Samsuri SPd, MT (sekretaris LLDikti  Wilayah III), Prof  Dr  Diah Natalisa MBA (deputi Bidang Pelayanan Publik, Kemenpan RB), Dr Mochamad Wahyudi MM (rektor Universitas Bina Sarana Informatika), Dr  Muhammad Aswad MSi (kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan Kompetensi Pegawai ASN Lembaga Administrasi Negara), Prof  Dr Achmad Sofyan Hanif MPd (ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) DKI Jakarta),  dan Dr Ir Muhammad Ilham Maulana ST,MT (sekretaris LLDikti Wilayah XIII).

“Pada acara ini juga hadir 307 Perguruan Tinggi Swasata (PTS) dan lima  Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Jabodetabek.  Antara lain,  Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Terbuka, UPN ‘Veteran’ Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, dan Politeknik Negeri Media Kreatif,” kata Dr  Mochamad Wahyudi, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (23/7).

Dr Illah Sailah pada kesempatan ini memaparkan materi mengenai arah mutu kelembagaan LLDikti  Wilayah III, dan Fungsi LLDikti  menurut peraturan Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 tahun 2018.

“Ada beberapa informasi yang juga perlu diketahui mengenai Ijazah, Sertifikasi Kompetensi, Setifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi serta perubahannya saat ini dan ini penting untuk diketahui PTS maupun PTN,” jelas Illah Sailah.

Prof  Dr Achmad Sofyan Hanif memaparkan mengenai Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI 2019 Provinsi DKI Jakarta.

“Pada sosialisasi ini saya akan akan menginformasikan bebapa hal mengenai pelaksanaan POMNAS XVI nantinya, mulai dari dasar pelaksanaan POMNAS, tujuan, dan logo yang digunakan. Logo POMNAS XVI  menggunakan Ikon kota Jakarta yakni Patung Dirgantara atau yang dikenal dengan Patung Pancoran.  Adapun maskot POMNAS kali ini adalah Elang Bondol yang dibuat dengan kesan modern,” papar Prof Achmad Sofyan Hanif.

Ia juga menjelaskan tentang peraturan, cabang olahraga, lokasi serta sistem penjurian atau penentuan juara POMNAS XVI nantinya.

Terkait acara inti yakni soft launching SIL@T, dimulai dengan penyampaian laporan pelaksanaan oleh M. Samsuri selaku project leader Strategi Transformasi Peningkatan Layanan.

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden RI, serta adanya mandat dari Permenristekdikti serta arahan dari Kepala LLDikti  Wilayah III, akhirnya SIL@T pada hari ini siap untuk diluncurkan dan diperkenalkan kepada Perguruan Tinggi, khususnya yang ada di wilayah III LLDikti,” kata M Samsuri.

Ia menambahkan, SIL@T merupakan Sistem Informasi Layanan Terpadu yang di dalamnya terdapat layanan EWS/ Lumbung Data Perguruan Tinggi, SIDIK (Sistem Informasi Dan Dokumen Kelembagaan) serta E-Office In & Out. Hal itu dengan harapan memudahkan PTS maupun PTN dalam memenuhi informasi atau pun pengurusan berkas dalam satu sistem informasi terintegrasi.

"Saya  mengucapkan terima kasih atas dukungan dari UBSI baik dari segi sarana, prasarana dan multimedia untuk pelaksanaan acara soft lauching SIL@T ini. Saya juga berterima kasih atas dukungan Rektor UBSI,  Dr Mochamad Wahyudi sebagai ketua tim pengembang SIL@T," ujar M Samsuri.

Dr Mochamad Wahyudi pun menanggapi apa yang disampaikan oleh M Samsuri, bahwa UBSI juga merasa sangat terhormat dan senang bisa ditunjuk menjadi tuan rumah acara soft launching ini. UBSI memberikan dukungan berupa tempat pelaksanaan serta multimedia yang memadai. 

"UBSI juga akan terus menjadi salah satu PTS yang turut serta mendukung dan menyukseskan soft launching SIL@T ini. Begitu pula dengan kegiatan peraturan yang ditetapkan LLDikti nantinya,” tutur Dr  Mochammad Wahyudi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA