Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Menpora Berharap Tarian Seka Buka PON 2020 di Papua

Selasa 23 Jul 2019 23:21 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tarian 'seka' di Mimika Papua

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tarian 'seka' di Mimika Papua

Menpora Imam Nahrawi berharap tarian Seka bisa dikenal di seluruh Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengharapkan tarian 'seka' selaku tari pergaulan masyarakat Mimika bisa ditampilkan saat acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua.

"Saya minta tarian seka bisa ditampilkan di pembukaan PON 2020 sehingga semua peserta nanti bisa ikut tarian seka massal dan tarian seka bisa dikenal luas di seluruh Indonesia," kata Imam Nahrawi di Timika, Selasa (23/7).

Baca Juga

Pada Selasa petang, Menpora Imam Nahrawi bersama istri dan sejumlah deputi Kemenpora ikut dalam festival tarian seka massal bertempat di Lapangan Eks Pasar Swadaya, Jalan Yos Sudarso, Timika, Kabupaten Mimika.

Kondisi Lapangan Eks Pasar Swadaya yang becek dan berlumpur akibat diguyur hujan sepanjang hari tidak menyurutkan langkah Menpora Imam Nahrawi untuk ikut bergoyang bersama lebih 1.000 pelajar SMP se-Kota Timika.

Menpora yang hanya mengenakan sandal jepit didampingi Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang beberapa kali masuk ke dalam rombongan pelajar mengikuti irama musik tifa Kamoro menggoyangkan kaki, pinggul dan tangan membuat para pelajar Timika semakin bersemangat.

Menpora berharap, Pemkab Mimika bisa menata dan mengelola Lapangan Eks Pasar Swadaya agar dijadikan lokasi untuk kegiatan pemuda kreatif, kegiatan olahraga, kesenian, kebudayaan, serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

"Pak Wakil Bupati, tolong jadikan tempat ini sebagai taman yang bagus karena tempatnya keren banget. Kalau tidak keren, saya tidak mungkin lepas sepatu tadi. Saya sengaja lepas sepatu dan memakai sandal untuk memastikan lumpur itu bagus, termasuk celana saya tidak akan dicuci sebagai kenang-kenangan lumpur Mimika," katanya dengan nada gurau.

Meski kondisi Lapangan Eks Pasar Swadaya Timika berlumpur dan becek, Menpora mengaku tidak risih turut ambil bagian dalam tarian seka massal bersama ribuan pelajar SLTP Timika. "Saya ingin berbaur dengan anak-anaku sekalian, para penari seka yang luar biasa," tuturnya.

Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, Menpora meminta semua pihak wajib memberikan motivasi kepada para generasi muda untuk bisa meraih pendidikan setinggi-tingginya karena di pundak generasi mudalah masa depan bangsa dan negara Indonesia dipertaruhkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA