Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Kemenpora Harapkan Lahirnya Atlet Dayung Melalui Kejurnas

Kamis 25 Jul 2019 04:17 WIB

Red: Gita Amanda

Tambahan Emas Dari Dayung. Atlet Dayung Putra Indonesia melakukan selebrasi usai finish pertama pada cabang Dayung nomor kelas ringan delapan putra Asian Games 2018 di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat (24/8).

Tambahan Emas Dari Dayung. Atlet Dayung Putra Indonesia melakukan selebrasi usai finish pertama pada cabang Dayung nomor kelas ringan delapan putra Asian Games 2018 di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Jumat (24/8).

Foto: Republika/ Wihdan
Olah raga dayung merupakan salah satu olah raga unggulan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Melalui Kejuaraan Nasional dayung tingkat pelajar di Provinsi Jambi, Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora) berharap akan lahir atlet-atlet dayung nasional. Para atlet ini diharapkan dapat mengikuti Olimpiade dan memperoleh medali nantinya.

Baca Juga

"Olah raga dayung merupakan salah satu olah raga unggulan Indonesia. Event ini merupakan salah satu ajang seleksi, tim pemantau akan melihat performa atlet, baik secara fisik, teknik, strategi, mental dan kematangan bertanding," kata Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta di Jambi, Rabu (24/7).

Menurut Raden Isnanta untuk mendapatkan atlet-atlet terbaik nasional tidaklah mudah, membutuhkan proses yang panjang dan pembinaan yang dilakukan sejak dini. Dan untuk menjadi atlet terbaik di tingkat internasional tidaklah mudah, karena semua negara turut mempersiapkan atlit terbaiknya.

Pascapelaksanaan kejuaraan nasional dayung itu, atlet-atlet terbaik dari yang terbaik akan dimasukkan dalam pelatihan nasional. Dan atlet-atlet tersebut akan diterbitkan, minimal akan mengikuti kejuaraan-kejuaraan tingkat Asia.

Selain itu, Raden Isnanta turut memberikan semangat kepada 163 atlet dari 24 PPLP/PPLPD/SKO yang mengikuti kejuaraan nasional dayung tingkat pelajar itu. Menurutnya, atlet yang bertanding tersebut merupakan atlet terbaik dan atlet pilihan dari setiap daerahnya. Diharapkan seluruh atlet dapat memberikan yang terbaik bagi setiap daerahnya.

"Ke depan tidak hanya bendera provinsi yang dikibarkan, namun bendera Indonesia juga harus dikibarkan, serta lagu Indonesia Raya juga harus dikumandangkan di kancah dunia. Target besar pemerintah yakni olahraga dayung harus menuju Asia dan mimpi terindah adalah olimpiade," kata Raden Isnanta menyemangati para atlet dayung.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto berharap, melalui kejuaraan nasional dayung tingkat pelajar itu, pihaknya dapat mengukur dan mengevaluasi hasil pembinaan PPLP/PPLPD/SKO cabang olahraga dayung. Serta dapat meningkatkan motivasi atlet agar lebih semangat berlatih untuk meningkatkan kemampuan.

"Event ini juga untuk mengembangkan bakat atlet dayung untuk meningkatkan kemampuan menuju prestasi nasional bahkan internasional," kata Dianto.

Kejuaraan nasional dayung tingkat pelajar yang dilaksanakan di Danau Sipin Provinsi Jambi itu dilaksanakan dari tanggal 24-27 Juli 2019. Terdapat 163 atlet dari 24 PPLP/PPLPD/SKO yang akan menunjukkan kemampuan mendayungnya di kejuaraan itu.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA