Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Megawati Ungkap Alasan tak Hadiri Pertemuan Empat Parpol

Rabu 24 Jul 2019 17:38 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7).

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7).

Foto: Republika/Prayogi
Megawati mengatakan, PDIP saat ini sedang sibuk mempersiapkan kongres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan alasan partai berlogo banteng moncong putih absen dalam pertemuan empat partai koalisi. Dia mengatakan, PDIP saat ini tengah sibuk mempersiapkan Kongres.

"Saya ditanya 'kenapa kok ibu gak ada wakil dari PDI Perjuangan?', karena kami memang sekarang sedang menghadapi yang namanya rapat kerja daerah rapat kerja cabang untuk penyelenggaraan pada kongres," kata Megawati di Jakarta, Rabu (24/7).

Mega mengatakan, saat itu itu juga tengah berada di luar negeri atau di luar daerah. Presiden kelima RI ini juga mengungkapkan bahwa PDIP akan mengadakan Kongres pada 8 sampai 11 Agustus nanti.

Disaat yang bersamaan dia juga mengundang Prabowo untuk menghadiri kongres tersebut. Prabowo, kata Mega, juga mengaku ingin berusaha memenuhi undangan kongres tersebut.

"Saya tadi tanya juga sama mas Bowo supaya daripada menjadi hal yang digoreng gitu, saya tanya 'mas mau diundang gak sama saya' lalu 'ke mana mbak?' 'ke kongres' 'ya mau dong', kalau mau saya undang kalau ndak mau ya ndak papa," kata Megawati.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Golkar bertandang ke DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Senin (22/7) lalu. Sebagai salah satu partai dalam koalisi, PDIP absen dalam pertemuan tersebut.

Saat itu, PKB, PPP, Nasdem, dan Golkar menegaskan soliditas koalisi partai pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dalam kesempatan itu, mereka menekankan pentingnya tingkat kesolidan antar anggota partai koalisi.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mengatakan jika ketidakhadiran PDIP dalam pertemuan empat parpol koalisi disebabkan mendadaknya kegiatan tersebut. Menurut Surya, pertemuan kali ini sekaligus untuk mengingatkan betapa pentingnya satu proses yang telah dilalui bersama sebagai partai koalisi pengusung Jokowi.

Secara khusus, dia kemudian mengajak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mengadakan pertemuan serupa di lain waktu. Dia mengatakan, pertemuan bisa jadi bersifat empat mata atau mengundang semua ketua umum partai koalisi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA