Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Ditutup Asrorun Niam, Indonesia Juara Umum ASG 2019

Rabu 24 Jul 2019 21:44 WIB

Red: EH Ismail

Asrorun Ni'am Sholeh berkumpul dan tim membicarakan ASG 2019

Asrorun Ni'am Sholeh berkumpul dan tim membicarakan ASG 2019

Foto: Humas Kemenpora
Perhelatan olahraga pelajar ini memperkokoh kerja sama ASEAN.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG — Indonesia menjadi juara umum pada pesta olahraga pelajar ASEAN School Games (ASG) ke-11 2019. Perhelatan olahraga khusus pelajar se-ASEAN yang dilaksanakan 17-25 Juli 2019 ini secara resmi ditutup oleh Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, bertempat di pelataran Candi Borobudur, Megelang Jawa Tengah, Rabu (24/7).

Dalam sambutan penutupan, Niam menjelaskan, perhelatan olahraga pelajar ini memperkokoh kerja sama ASEAN. Hubungan persaudaraan semakin terasa secara lebih dini dan berkelanjutan.

"Event ini sangat strategis dan eketif dalam membudayakan semangat sportifitas, mental juara, dan yang terpenting persaudaraan di antara peserta dari seluruh negara ASEAN. Event olahraga ini sarana poeple to poeple contact yang akan melahirkan kebersamaan di kalangan pemuda", tegasnya.

photo

Asrorun Ni'am Sholeh dalam forum ASG 2019.

Lebih lanjut Niam menjelaskan, tema ASG 2019 "Unity, Spirit, and Respect" benar-benar nampak dalam moment pertandingan selama sembilan hari ini.  "Apresiasi dan dukungan penonton tidak hanya didasarkan pada hubungan emosional negara, tetapi pada prestasi. Aplause diberikan penonton pada atlet yang berprestasi meski beda negara", tegasnya.

Dalam event ini, Indonesia menjadi juara umum dengan meraih 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu. Disusul Thailand dengan meraih 33 emas, 31 perak, dan 35 perunggu. Selanjutnya, berturut-turut Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Myanmar, Laos, Brunai dan Kamboja.

Sebelum penutupan secara resmi oleh Deputi, acara didahului dengan Sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam sambutannya, Ganjar menyampaikan selamat kepada para atlit yang menjadi juara. "Selamat bagi juara, dan bagi yang belum juara masih ada hari esok untuk terus berlatih dan berprestasi", ujarnya.

Selain Asrorun Niam dan Ganjar, acara penutupan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Chairman Technical Committe ASSC  Ong Kim Soon, Senior Ministry Officer Filipina, Mr. Salvador Malana, Walikota Semarang, Bupati Magelang, Staf Ahli dan Staf Khusus Menpora dan seluruh CDM serta peserta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA