Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Menpora Sebut Tantangan Kepemudaan Kian Besar

Sabtu 27 Jul 2019 12:22 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Dwi Murdaningsih

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Menpora mendukung gelaran MOIC di Jakarta pada November mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendukung Model Organization of Islamic Conference (MOIC) yang akan diadakan di Jakarta, November 2019. Acara bakal diikuti sekitar 200 peserta dari negara-negara anggota pemuda Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh OIC Youth Indonesia.

Menurut Imam, tantangan kian besar sehingga perlu peran pemuda yang aktif dan progresif. "Saya sangat menyambut baik program OIC Youth Indonesia. Pemerintah butuh juru bicara internasiona khususnya tentang Islam damai di Tanah Air. Tidak cukup jika hanya diwakili oleh kedutaan," ujar Menpora Imam Nahrawi dalam rilis yang diterima Republika, Jumat (26/7).

Sementara itu Presiden OIC Youth Indonesia, Syafii Efendi berharap, Kemenpora memberikan dukungan dengan berpartisipasi kegiatan yang digelar maupun berkolaborasi bersama usaha-usaha milik anggota OIC Youth Indonesia. "OIC Youth Indonesia menaungi beberapa organisasi kepemudaan Islam di Indonesia; HMI, IMM, IPPNU, Himpunan Mahasiswa Alwasliyah dan lainnya," kata Syafii.

Syafii melanjutkan, OIC Youth Indonesia aktif terlibat dalam berbagai konferensi internasional. Agenda terbaru yang telah diikuti seperti Ecosoc di New York, Amerika; Malaka Youth Dialogue, Malaysia; dan Doha Islamic Youth Forum, Qatar. Seperti diketahui Sekjend organisasi ini sedang berada di Istanbul, Turki dalam agenda meeting bersama pengurus Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF)

Dia mengungkapkan, OIC Youth Indonesia berkomitmen tinggi dalam membangun kemandirian organisasi. Dengan semangat kewirausahaan, diyakininya, "Kami yakin akan menjadi organisasi kepemudaan yang paling mandiri," ujar Syafii.

Pertemuan tersebut membuahkan beberapa kesepakatan. Salah satunya, Kemenpora menugaskan kedeputian terkait untuk menindaklanjuti saran dan usulan dari OIC Youth Indonesia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA