Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

UMM Kirim Mahasiswa ke Taiwan

Kamis 25 Jul 2019 19:23 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan sembilan mahasiswanya  dari Fakultas Psikologi mengikuti kursus singkat di Taiwan.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan sembilan mahasiswanya dari Fakultas Psikologi mengikuti kursus singkat di Taiwan.

Foto: Dok Humas UMM
Sembilan mahasiswa dari Fakultas Psikologi ikuti kursus singkat di sejumlah bidang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan sembilan mahasiswanya dari Fakultas Psikologi mengikuti kursus singkat di sejumlah bidang. Kegiatan ini merupakan bagian dari Asia University 2019 Summer Program di Taiwan.

Adapun keberangkatan mahasiswa ini dibagi dalam dua kelompok. Antara lain pada 1 hingga 15 Juli dan 16 sampai 30 Juli untuk gelombang kedua. "Sebelum memberangkatkan mahasiswa ke Taiwan, Fakultas Psikologi melakukan seleksi internal. Hasilnya ya mahasiswa yang saat ini kita kirim,“ ungkap Dekan Fakultas Psikologi, Muhammad Salis Yuniardi.

Menurut Salis, kelompok gelombang pertama fokus belajar ke pemberdayaan komunitas. Beberapa di antaranya pada kelompok lukis, tempat pembuatan kue, dan lainnya. Di sini, mereka mencari di mana letak modal kekuatan untuk melihat potensi pengembangannya.

Baca Juga

photo
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengirimkan sembilan mahasiswanya dari Fakultas Psikologi mengikuti kursus singkat di Taiwan.

Sementara di gelombang kedua, lima mahasiswa UMM fokus pada pelayanan kesehatan lansia. Mereka ikut merawat dan belajar pelayanan kesehatan lansia. Hal ini serupa dengan yang diajarkan Posyandu Indonesia.

Salis menjelaskan, penyelenggaraan short course ini bermula dari pertemuan Fakultas Psikologi dengan pihak Asia University di sebuah pameran pendidikan yang diselenggarakan di Kota Surabaya. Pihak UMM kemudian membuka obrolan kerja sama. Dari hasil perbincangan itu berlanjut dengan kesepakatan kerja sama melalui program pertukaran mahasiswa.

"Dan pihak Asia University sendiri belum siap untuk mengirim mahasiswa ke sini (UMM) karena mendadak," kata Salis.

Melalui program internasional ini, dia berharap, mahasiswa mempunyai pengalaman baru. Ilmu mereka bisa benar-benar bermanfaat dan diterapkan di lingkungan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA