Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Jambore Internasional Royal Enfield dan Peduli Lingkungan

Ahad 04 Aug 2019 10:59 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Maman Sudiaman

Royal Riders Indonesia (RoRI) menggelar konferensi pers Jambore Internasional Royal Enfield 2019 di Jakarta, Sabtu (3/8).

Royal Riders Indonesia (RoRI) menggelar konferensi pers Jambore Internasional Royal Enfield 2019 di Jakarta, Sabtu (3/8).

Foto: foto: Dok RoRI
Misinya persahabatan antarbangsa, budaya Indonesia, dan pelestarian lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komunitas motor Royal Enfield terbesar di Indonesia, Royal Riders Indonesia (RoRI) akan menggelar Jambore Internasional Royal Enfield 2019. Selain untuk menjalin silaturahmi sesama riders, kegiatan yang digelar pada 24 hingga 25 Agustus di Pantai Melasti, Bali itu juga memiliki beberapa misi.

National President RoRI, Donny Hendaris mengatakan, kegiatan ini dikemas dengan menekankan tiga kunci utama. “Pertama adalah persahabatan antarbangsa, kedua adalah budaya Indonesia dan terakhir adalah pelestarian lingkungan,” kata Donny dalam konferensi pers Jambore Internasional Royal Enfield 2019 di Jakarta, Sabtu (3/8).

 

Menurutnya, kagiatan pelestarian lingkungan memang merupakan salah satu kegiatan utama yang secara konsisten selalu dilakukan oleh RoRI. Karena kegiatan itu nantinya digelar di Pantai Melasti, maka kegiatan lingkungan yang nantinya akan dilakukan adalah kegiatan bersih-bersih pantai.


“Dalam melakukan kegiatan ini, kami melakukan kerja sama dengan Get Plastic dan Pegadaian,” ujarnya. Sehingga, kegiatan tersebut dapat memiliki dampak positif yang lebih luas.

photo
Royal Riders Indonesia (RoRI) menggelar konferensi pers Jambore Internasional Royal Enfield 2019 di Jakarta, Sabtu (3/8). (Dok RoRI)

Pasalnya, lanjut dia, seluruh sampah yang dikumpulkan dari Pantai Melasti akan ditukar dengan emas dari Pegadaian. Setelah itu, emas tersebut akan didonasikan kepada Get Plastic yang merupakan organisasi yang bergerak di bidang kelestatian lingkungan.

 

Tak hanya itu, lewat event akbar ini, penyelenggara pun ingin lebih mengenalkan beberapa benda sederhana yang dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Communications Director International Royal Enfield Jamboree 2019, Joseph Sinaga mengatakan, peserta yang melakukan registrasi dengan paket tertentu nantinya akan mendapatkan merchandise eco-friendly seperti tumbler, sedotan dari bambu dan tote bag.

 

“Merchandise eco-friendly itu sengaja dihadirkan untuk menekan jumlah sampah plastik,” kata Joseph. Diharapkan, dengang seluruh kegiatan yang beraroma peduli linkungan itu, maka RoRI dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya membudayakan gaya hidup yang lebih memperhatikan kelestarian alam.

 

Royal Riders Indonesia (RoRI) sendiri merupakan sebuah komunitas penggemar motor Royal Enfield yang didirikan pada tahun 2016. Komunitas ini memiliki lebih dari 600 anggota dan tersebar di berbagai chapter seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Bali dan Sulawesi Tenggara.

 

Dalam Jambore Internasional Royal Enfield 2019 ini, diperkirakan akan kedatangan hingga 3.000 peserta pengunjung. Tidak hanya dari Indonesia, kegiatan ini juga akan kedatangan riders yang berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, India, Singapura dan Malaysia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA