Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Singapura Libur Panjang, Pelabuhan Batam Penuh Wisatawan

Sabtu 10 Aug 2019 04:57 WIB

Red: Ani Nursalikah

Penumpang kapal ferry dari Singapura melewati alat pendeteksi suhu tubuh (termal scaner) sebelum melakukan pengecapan paspor di terminal kedatangan Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (31/8).

Penumpang kapal ferry dari Singapura melewati alat pendeteksi suhu tubuh (termal scaner) sebelum melakukan pengecapan paspor di terminal kedatangan Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (31/8).

Foto: Antara/M N Kanwa
Batam adalah lokasi favorit warga Singapura yang ingin bepergian saat akhir pekan.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Wisatawan mancanegara yang datang dari Singapura memadati Pelabuhan Internasional Batam Center untuk menghabiskan libur panjang akhir pekan di Kota Batam, Jumat pagi (9/8).

Manager Operasional PT Synergy Tharada, pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga memperkirakan lonjakan penumpang pada Jumat bisa mencapai 100 persen dibandingkan hari normal, yang biasanya mencapai sekitar 5.000 penumpang. "Hari ini jelas lebih dari 5.000. Kemungkinan sampai 7.000, 8.000 sampai 10 ribu penumpang," kata Nika.

Menurut dia, melonjaknya penumpang kapal cepat Singapura-Batam karena akhir pekan ini merupakan libur panjang bagi penduduk Singapura. Tanggal 9 Agustus dan 11 Agustus adalah hari libur nasional. Pada 9 Agustus, Singapura memperingati Hari Kemerdekaan (National Day) dan 11 Agustus adalah libur Hari Raya Idul Adha.

Nika sudah mengantisipasi lonjakan penumpang pada akhir pekan ini, antara lain dengan memaksimalkan meja pemeriksaan imigrasi, mempersiapkan jalur masuk biar antrean tidak terlalu panjang, termasuk perubahan gate. "Karena ini sudah menjadi rutin terjadi lonjakan, kami sudah melakukan persiapan, mengumpulkan CIQP dan agen," kata dia.

Ia juga memastikan keamanan penumpang pada saat padat dengan melibatkan aparat kepolisian. "Kemungkinan hari ini, sampai malam masuknya (masih ramai)," kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan saat ini ribuan wisman yang masuk dari Singapura memadati Batam. "Hari kemerdekaan Singapura, mereka libur empat hari. Wisman ramai-ramai ke Batam pagi ini," kata Ardi.

Baca Juga

Ia mengatakan Batam adalah lokasi favorit warga Singapura yang ingin bepergian saat akhir pekan, terlebih lagi libur panjang akhir pekan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA