Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

NU Depok Dukung Pembangunan Museum Rasulullah di UIII

Ahad 11 Aug 2019 05:48 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Elba Damhuri

Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

Foto: smileyandwest.ning.com
Museum Rasulullah untuk mengenalkan Nabi Muhammad SAW di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Ketua PCNU Kota Depok Ustaz Ahmad Solechan mengapresiasi terkait rencana pembangunan museum Rasulullah di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok. Menurut dia, ini sebagai ikhtiar untuk lebih mengenalkan Rasulullah SAW kepada umat Islam khususnya di Indonesia.

"Pembangunan Museum Rasulullah adalah kebaikan yang mesti didukung bersama," ujar Ahmad di Depok, Sabtu (10/8).

Meski belum mengetahui secara detailnya, Ahmad menilai isi dan museum yang dibangun tentu bukan seperti museum umumnya di Indonesia yang menampilkan benda atau semacam artefak zaman Rasul. Tapi, lanjut dia, lebih pada penggambaran baik gambar maupun ilustrasi yang akan dibangun.

"Untuk itu, sangat baik dan perlu sekali bila museum yang akan dibangun melibatkan para Kiai dan Ulama Indonesia. Tentunya, agar  tepat dan sesuai  dengan kondisi tradisi lokal Indonesia,"paparnya.

Ahmad berharap pembangunan museum murni sebagai gerakan pendidikan dan cinta kepada Rasulullah SAW. Yaitu, murni gerakan kesadaran untuk semakin mengenal dan mencintai junjungan agung Nabi Muhammad, tanpa harus ada muatan ideologi yang seringkali ikut dalam program pembangunan seperti ini.

"Meski tanpa museum, tapi kecintaan dan kesadaran menghormati Nabi Muhammad sangat luar biasa di Indonesia," ia menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA