Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Muslim Pontianak Gelar Shalat Id di Lapangan Saat Kabut Asap

Ahad 11 Aug 2019 10:40 WIB

Red: Nur Aini

Sejumlah pengendara motor mengenakan masker saat melintasi jembatan yang diselimuti kabut asap di Pontianak, Kalbar, Jumat (24/8).

Sejumlah pengendara motor mengenakan masker saat melintasi jembatan yang diselimuti kabut asap di Pontianak, Kalbar, Jumat (24/8).

Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Kabut asap tebal dari kebakaran hutan dan lahan menyelimuti Pontianak.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Meski diselimuti kabut asap tebal dampak kebakaran hutan dan lahan, ribuan Umat Muslim di Kota Pontianak, Kalimantan Barat tetap melaksanakan ibadah shalat Idul Adha 2019 di lapangan terbuka, yakni di Taman Alun-alun Kapuas Pontianak.

Baca Juga

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengucapkan selamat menunaikan Lebaran Idul Adha kepada Umat Muslim di kota itu, semoga bisa meneladani nabi Ibrahim AS dan Ismail AS.

"Mari kita meneladani Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS yang dengan keiklasannya dan semangat berkurbannya, yang hingga kini menjadi keteladanan Umat Muslim dalam semangat berkurban," ujarnya, Ahad (11/8).

Dalam kesempatan itu, Edi menyampaikan indeks standar pencemaran udara di wilayah Kota Pontianak masih dalam kategori tidak sehat, sehingga masyarakat harus mengurangi aktivitasnya di luar rumah.

"Kalau memang aktivitas di luar tidak begitu penting, sebaiknya dikurangi, dan kalau pun harus keluar rumah sebaiknya menggunakan masker atau penutup mulut dan hidung," katanya.

Menurut dia, kabut asap yang melanda Kota Pontianak saat ini, merupakan asap kiriman dari daerah lain yang di daerahnya terjadi Karhutla. Karena, menurut dia, letak geografis Kota Pontianak yang merupakan dataran rendah, sehingga asap dampak Karhutla dibawa oleh angin menuju dataran rendah tersebut.

Sementara dari pantauan di lapangan, meski pun kabut asap cukup tebal dari hari-hari biasanya, belasan ribu Umat Muslim masih tampak semangat dalam melaksanakan Shalat Idul Adha yang digelat Panitia Hari Besar Islam Kota Pontianak di Taman Alun-alun Kapuas atau di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Oesman. Dalam kesempatan itu, ribuan Umat Muslim Kota Pontianak juga memanjatkan doa agar diberikan hujan, sehingga kabut asap yang melanda daerah itu bisa segera berakhir, yang dipimpin oleh Khatib Pabali Musa.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA