Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

RU VI Balongan Salurkan 33 Sapi dan 67 Kambing Kurban

Ahad 11 Aug 2019 11:42 WIB

Red: Agus Yulianto

Di lingkungan Pertamina RU VI Balongan, Ketua BDI RU VI Asrinur menyebutkan,  jumlah toal hewan kurban yang dihimpun dari tiga masjid yang dikelola Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI Balongan mencapai 33 sapi dan 67 kambing. Dari jumlah itu, yang disembelih di halaman Masjid Sabilul Muttaqin Bumi Patra mencapai 19 ekor sapi dan 55 ekor kambing.

Di lingkungan Pertamina RU VI Balongan, Ketua BDI RU VI Asrinur menyebutkan, jumlah toal hewan kurban yang dihimpun dari tiga masjid yang dikelola Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI Balongan mencapai 33 sapi dan 67 kambing. Dari jumlah itu, yang disembelih di halaman Masjid Sabilul Muttaqin Bumi Patra mencapai 19 ekor sapi dan 55 ekor kambing.

Foto: Foto: Humas Pertamina RU VI Balongan
Pembagian daging kurban ini sebagai bentuk kepedulian Pertamina RU VI Balongan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Masyarakat muslim baru saja menunaikan shalat Idul Adha 1440 H, Ahad (11/8). Pada perayaan Idul Adha 1440 H kali ini, Pertamina turut memanfaatkan moment tersebut dengan melakukan penyembelihan hewan kurban di penjuru nusantara. 

Di lingkungan Pertamina RU VI Balongan, Ketua BDI RU VI Asrinur menyebutkan,  jumlah toal hewan kurban yang dihimpun dari tiga masjid yang dikelola Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI Balongan mencapai 33 sapi dan 67 kambing. Dari jumlah itu, yang disembelih di halaman Masjid Sabilul Muttaqin Bumi Patra mencapai 19 ekor sapi dan 55 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut kemudian disalurkan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kilang dan perumahan Bumi Patra, yaitu Kecamatan Balongan, Kecamatan Indramayu, Kecamatan Sindang, Kecamatan Juntinyuat, hingga ke Salamdarma Subang. 

"Selain itu, daging kurban juga dibagikan kepada para tukang becak, tukang rumput, petugas kebersihan, dan asisten rumah tangga yang sehari-hari bekerja di sekitar Perumahan Pertamina Bumi Patra," ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Ahad (11/8).

Dalam penditribusian hewan kurban ini, panitia kurban di RU VI bekerja sama dengan pengurus masjid, pondok pesantren, rumah yatim, sekolah, dan instansi pemerintah desa dalam penyaluran hewan kurban tersebut. 

General Manager Pertamina RU VI Balongan Nandang Kurnaedi mengungkapkan, penyembelihan hewan kurban dan mendistribusikanya kepada warga sekitar merupakan agenda tahunan yang digelar Pertamina RU VI Balongan melalui Badan dakwah Islam (BDI).

"Pembagian daging kurban kepada masyarakat sekitar merupakan bentuk kepedulian Pertamina RU VI Balongan kepada warga sekitar, kami berharap kegiatan berbagi ini mendapat ridho dari Allah SWT," ujar Nandang.

Suwita,  warga Blok Wisma Jati Kecamatan Balongan menyebutkan, Pertamina RU VI Balongan setiap tahun selalu membagikan hewan kurban untuk warga desanya. Tahun ini, blok desanya menerima 1 ekor sapi kurban dari Pertamina RU VI ."Alhamdulillah, desa kami mendapat hewan kurban 1 ekor sapi dari RU VI," ujar Suwita. 

Sementara itu, untuk menjamin kesehatan daging kurban saat dikonsumsi, BDI RU VI Balongan juga menghadirkan dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu untuk memeriksa setiap hewan kurban yang disembelih, terutama pemeriksaan organ hati sapi. Setiap hati sapi yang mengandung penyakit maupun cacing akan dibuang agar tidak dikonsumsi warga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA