Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

MenPAN-RB dan Beberapa Dubes, Shalat Ied di Istiqlal

Ahad 11 Agu 2019 09:18 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah

Ribuan warga mengikuti shalat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta

Ribuan warga mengikuti shalat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta

Foto: Antara/zarqoni Maksum
Ribuan masyarakat pun juga sudah memenuhi Masjid Istiqlal sejak pukul 06.00 WIB,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan Shalat Ied pada Hari Raya Idul Adha, dilakukan oleh sejumlah menteri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Tampak hadir melaksanakan shalat di Masjid Istiqlal adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin, dan beberapa duta besar (dubes).

Baca Juga

Ribuan masyarakat pun juga sudah memenuhi masjid sejak pukul 06.00 WIB, sementara shalat dimulai pada pukul 07.00 WIB. “Khatib UYM (Ustaz Yusuf Mansur), imam Ustaz Ahmad Husni Ismail,” ujar Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, saat dikonfirmasi Ahad (11/8).

Sementara itu, untuk Presiden RI Joko Widodo bersama keluarga memilih untuk melaksanakan Shalat Ied di Kebun Raya Bogor. Kemudian untuk Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, memilih melaksanakan Shalat Ied di kampung halamannya, Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah pelaksanaan shalat dan ceramah, masyarakat mulai membubarkan diri sekitar pukul 08.00 WIB. Namun ada yang masih bertahan untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Salah seorang warga Kemayoran, Cinta Patricia (16), mengaku tidak takut melihat penyembelihan. “Mau lihat sapi punya Pak Jokowi dipotong,” ungkap Cinta yang sudah hadir di Masjid Istiqlal sejak pukul 06.30 WIB itu.

Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta menerima sebanyak 22 ekor sapi kurban dan 17 ekor kambing hingga pukul 21.00 WIB, Sabtu (10/8) malam. Masjid Istiqlal akan melakukan pemotongan hewan kurban sekitar pukul 10.00 WIB atau sebelum Shalat Dzuhur.

Selain itu, usai pelaksanaan Shalat Idul Adha, Presiden Joko Widodo juga akan menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada panitia. Sejumlah nama yang turut memberikan sapi kurban di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri, Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Perhubungan dan Kapolri.

Untuk tahun ini, wadah penyaluran daging kurban berbeda dengan tahun sebelumnya yakni menggunakan wadah dari bambu atau besek. Masjid Istiqlal telah menyediakan 6.000 besek yang dibeli dari Tasikmalaya. Untuk mengantisipasi jika nantinya kekurangan besek, panitia kurban juga menyediakan plastik ramah lingkungan yang digunakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA