Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

Saturday, 23 Jumadil Awwal 1441 / 18 January 2020

6.000 Besek Daging Kurban Masjid Istiqlal untuk Jakarta

Ahad 11 Aug 2019 16:02 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nashih Nashrullah

Petugas beraktivitas di dekat wadah besek bambu yang akan digunakan sebagai tempat daging kurban, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (11/8/2019).

Petugas beraktivitas di dekat wadah besek bambu yang akan digunakan sebagai tempat daging kurban, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Ahad (11/8/2019).

Foto: Antara/Aprillio Akbar
6.000 besek daging kurban dibagikan secara bertanggung jawab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Masjid Istiqlal Jakarta menyiapkan 6.000 besek daging kurban pada tahun ini. Pembagian dilakukan di sekitar Masjid Istiqlal dan wilayah Jakarta lainnya. Pemotongan hewan kurban dilakukan sejak pukul 09.30 WIB 

Baca Juga

Ketua Panitia Idul Adha 1440 H Masjid Istiqlal, Bukhari, mengatakan pembagian tidak lagi menggunakan kupon sehingga tidak perlu lagi ada antrean yang berdesak-desakkan. “Pembagiannya nanti kita sebar ke lembaga masyarakat masing-masing, jadi warga tidak perlu ke sini, kita hindari karena bikin crowded,” kata dia saat ditemui di lokasi penyembelihan hewan, Ahad (11/8). 

Menurut dia, jumlah masyarakat yang berada di wilayah Jakarta Pusat ini jumlahnya cukup banyak, sehingga sudah ada titik-titik yang menjadi sasaran pembagian daging kurban. Misalnya saja beberapa warga kurang mampu yang tinggal di bantaran kali dan pemukiman kumuh, mereka menjadi prioritas yang mendapatkan daging kurban.

“Itu yang sangat kita utamakan. Jadi itu memang hak mereka. Pertama di sekitar Masjid Istiqlal, nanti baru di sekitar Jakarta. Karena kalau yang mengajukan proposal sih dari Bandung juga ada, tapi kan kemungkinannya kecil ya,” papar Bukhari.  

Pihak Masjid Istiqlal memang memberikan daging kurban ini kepada satu penanggung jawab di titik tersebut, baru dari situ dibagikan kepada mustahik yang telah terdata. Kemudian penyebaran dari Masjid Istiqlal menuju titik-titik pembagian daging kurban, juga telah disiapkan armada khusus.  

“Jadi kita antar dan sudah siapkan armada serta daerah mana saja. Data sudah ada semuanya. Tapi intinya ini amanat masyarakat akan kita sampaikan. Dimulai dari mustahik sekitar sini dulu baru kemudian melebar,” ungkap dia. 

Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta menerima sebanyak 23 ekor sapi dan 20 ekor kambing hingga Ahad (11/8) pagi tadi. Masjid Istiqlal melakukan pemotongan hewan kurban sekitar pukul 09.30 WIB.  

Selain itu, usai pelaksanaan shalat Idul Adha, sapi kurban milik Presiden Joko Widodo menjadi sapi pertama yang disembelih. Sejumlah nama yang turut memberikan sapi kurban di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri, Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Perhubungan dan Kapolri.  

Untuk tahun ini, wadah penyaluran daging kurban berbeda dengan tahun sebelumnya yakni menggunakan wadah dari bambu atau besek. Masjid Istiqlal telah menyediakan 6.000 besek yang dibeli dari Tasikmalaya. Untuk mengantisipasi jika nantinya kekurangan besek, panitia kurban juga menyediakan plastik ramah lingkungan yang digunakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA