Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Pansel Umumkan Capim KPK Lulus Profile Assessment 23 Agustus

Senin 12 Agu 2019 23:53 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Andri Saubani

Anggota Panitia Seleksi Capim KPK, Hendardi.

Anggota Panitia Seleksi Capim KPK, Hendardi.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'Lang
Ada 20 capim KPK yang akan diumumkan lulus profile assessment.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon Pimpinan (capim) KPK yang lulus seleksi profile assessment rencananya akan diumumkan pada 23 Agustus 2019. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh anggota Panitia Seleksi Capim KPK, Hendardi.

Baca Juga

“Pengumuman hasil profile assessment (PA) rencananya tanggal 23 Agustus 2019, setelah vendor yang melaksanakan PA menyerahkan hasilnya kepada Pansel tanggal 22 Agustus,” kata Hendardi kepada Republika dalam pesan tertulis, Senin (12/8).

Menurutnya ada sekitar 20 capim KPK yang bakal lulus. Namun, mengenai siapa saja rinciannya, Hendardi tidak menjelaskan.

Menurutnya, mereka yang bakal lolos tersebut selanjutnya akan dilakukan tes kesehatan dan tes wawancara. Pemeriksaan kesehatan rencananya dilakukan pada 26 dan 27 Agustus kemudian dilanjutkan sampai dengan 30 Agustus untuk tahap wawancara dan uji publik.

“Selesai tahapan akhir tersebut diharapkan keluar 10 nama capim terbaik,” ujarnya.

Adapun 10 capim KPK terpilih, lanjut Hendardi, nantinya nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Presiden RI Joko Widodo. Hendardi berharap, awal September pansel KPK sudah dapat menyerahkan nama-nama tersebut.

“Awal September diserahkan ke Presiden dan selanjutnya dikirim Pemerintah ke DPR untuk dilakukan fit and propper test oleh DPR untuk memilih lima orang pimpinan KPK yang baru,” jelasnya.

Sedangkan agenda pansel KPK sendiri, tambahnya, pansel akan mengadakan rapat mengenai materi dan mekanisme tes kesehatan serta wawancara dan uji publik pada 16 Agustus. Namun, lagi-lagi jadwal tersebut menurutnya masih bisa berubah.

“Tentatif, bisa berubah,” kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA