Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Habib Salim: Kurban Kemasan Besek Lebih Awet

Senin 12 Aug 2019 12:59 WIB

Red: Agus Yulianto

Panitia merapikan besek bambu berisi daging kurban.

Panitia merapikan besek bambu berisi daging kurban.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penggunaan besek itu juga telah menciptakan lapangan kerja baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan besek sebagai pembungkus pengganti plastik kresek untuk daging kurban, mendapat dukungan sejumlah pihak. Salah satunya, Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Aljufrie. "Penggunaan besek membuat daging lebih awet ketimbang kresek. Selain itu juga menciptakan lapangan kerja makin luas," ujarnya  di lokasi kurban di halaman sekitar MD Building DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019)..

Menurut Habib Salim, membungkus dengan kemasan besek sangat bagus. "Karena dengan besek itu kita membuka lapangan pekerjaan, di samping sehat dagingnya juga akan lebih awet daripada menggunakan plastik," kata Habib Salim dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id.

Menteri Sosial periode 22 Oktober 2009–22 Oktober 2014 ini menyarankan para pekurban untuk menggunakan besek, "Gunakanlah besek, nanti kalau jumlah peminat semakin besar lapangan pekerjaan akan semakin besar pula. Daging semakin sehat dan semakin awet, bagus itu," ungkap dia.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut merayakan Idul Adha bersama masyarakat dengan memotong 70 ribu hewan kurban di semua lapisan. Sementara di kantor DPP PKS, pelaksanaan penyembelihan kurban Senin (12/8/) pagi di halaman sekitar kantor.

Salah satu semangat yang digalakkan pada kurban yang digelar PKS tahun ini adalah mengurangi penggunaan plastik sebagai kemasan daging kurban untuk dukungan terhadap gerakan ramah lingkungan. 

Habib Salim menilai, bahwa kurban tak hanya soal bertambah atau berkurang. Esensi dari kurban adalah meneladani Nabi Ibrahim alaihissalam yang rela berkorban apapun demi mendapatkan ridha Allah SWT.

"Masalah jumlah tiap tahun bisa berubah yang kita canangkan kita mengikuti jejak Nabi Ibrahim as, berkaitan dengan acara-acara kurban. Ada hal lain yang ingin bahwa yang jelas pengorbanan untuk meraih ridha Allah SWT. Pengorbanan dengan harta dengan jiwa, seluruh yang kita miliki semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT," kata Habib 

Yang tak kalah penting, kurban baik berupa penyembelihan sapi, kambing, melatih umat Islam untuk berbagi, muatan kebersamaan dalam berbangsa. Sebab tak sedikit yang hanya makan daging setahun hanya beberapa kali saja.

"Karena ada yang setahun hanya beberapa kali makan daging, dengan acara-acara seperti ini mereka merasakan dan membuat mereka bahagia. Sebagai partai dakwah, Partai Keadilan Sejahtera kita juga hadir memberikan pelayanan kepada umat. Salah satunya lewat Hari Raya Kurban," kata Habib Salim.

Usai memberikan sambutan dan taujih, Habib Salim ikut terjun ke lokasi penyembelihan bersama para kader yang sibuk dengan daging kurban. Ia bercengkerama dan ikut mencacah tulang dari sapi yang telah disembelih. PKS sendiri turut merayakan Idul Adha bersama masyarakat dengan memotong 70 ribu hewan kurban di semua lapisan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA