Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

PKS Unggul di Bandung Raya dalam Perolehan Kursi DPRD Jabar

Rabu 14 Aug 2019 05:09 WIB

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung

PKS Unggul di Bandung Raya dalam Perolehan Kursi DPRD Jabar

PKS Unggul di Bandung Raya dalam Perolehan Kursi DPRD Jabar

PKS meraih kursi terbanyak di Bandung Raya dan Cimahi

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) menggelar rapat pleno guna menetapkan perolehan kursi anggota DPRD Jabar di aula kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, Selasa (13/8/2019).

Dalam ketetapan yang sebelumnya telah diputuskan Mahkamah Konstitusi pada 9 Agustus lalu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diketahui meraih kursi terbanyak di Bandung Raya dan Cimahi, yakni dapil Jabar 1 hingga Jabar 3 sebanyak total 5 kursi. 

Bila digabungkan dari hasil perolehan kursi di dapil Jabar 1 (Kota Bandung dan Cimahi), Jabar 2 (Kabupaten Bandung) dan Jabar 3 (Kabupaten Bandung Barat), maka didapat total 22 kursi yang diisi oleh PKS (5), Gerindra (4), Golkar (4), Demokrat (2), PDIP (4), serta PKB, Nasdem dan PAN masing-masing 1 kursi.

Jumlah alokasi kursi untuk DPRD Jabar dari dapil Jabar 1 sebanyak 8 kursi, dapil Jabar 2 sebanyak 10 kursi dan dapil Jabar 3 meraih 4 kursi.

Secara keseluruhan, jumlah parpol yang lolos melenggang ke DPRD Jabar berjumlah 10 partai yang terdiri dari Gerindra, PKS, PDIP, Golkar, PKB, Demokrat, PAN, Nasdem, PPP dan Perindo. Gerindra mendapat jatah terbanyak sebesar 25 kursi. 

Dari 120 kursi, Gerindra memperoleh 25 kursi, kemudian disusul PKS 21 kursi, PDIP 20 kursi, Golkar 16 kursi, dan seterusnya, ungkap Ketua KPU Jabar, Rifqi Alimubarok ketika ditemui selepas rapat. 

Sementara itu, sisanya diraih PKB (12 kursi), Demokrat (11 kursi), PAN (7 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (3 kursi) dan Perindo (1 kursi).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 62% calon anggota dewan yang terpilih merupakan wajah baru. Sisanya atau sebesar 38% diisi oleh wajah lama. Sementara itu, sebanyak 19% kuotanya diisi perempuan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA