Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Jabar Daerah Tertinggi Peredaran Narkoba di Indonesia

Kamis 15 Agu 2019 03:13 WIB

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung

Jabar Daerah Tertinggi Peredaran Narkoba di Indonesia

Jabar Daerah Tertinggi Peredaran Narkoba di Indonesia

Ini sudah menjadi yang terbesar dibandingkan daerah lain di Indonesia

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Badan Narkotika Nasional (BNN) RI mencatat Jawa Barat (Jabar) menjadi daerah dengan pengguna narkoba terbesar se-Indonesia. Jumlahnya mencapai 5% dari jumlah penduduk.

"Ini sudah menjadi yang terbesar dibandingkan daerah lain di Indonesia, bahkan sebagian besar pengguna merupakan generasi muda," kata Kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko, usai menghadiri Deklarasi Serentak 360 Desa dan Kelurahan Bersih Narkoba di Cianjur, Selasa (13/8/2019).

AYO BACA : Cegah Penyalahgunaan Senpi, Ratusan Anggota Polres Majalengka Ikuti Psikotes

Ia menjelaskan tingginya kerawanan penyebaran dan penyalahgunaan narkoba di Jabar diakibatkan beberapa faktor seperti jumlah penduduk banyak, keberadaan pelabuhan dan dermaga di beberapa daerah, serta faktor-faktor lainnya.

"Kalau tidak dilakukan upaya pencegahan, dikhawatirkan prevalensinya akan terus meningkat. Terlebih penyalahgunaan narkoba mengancam generasi muda yang diharapkan menjadi generasi penerus," ucapnya.

AYO BACA : Dari Kasus Narkoba Nunung, Polisi Telah Tangkap 10 Tersangka

Ia menjelaskan dengan digelarnya deklarasi serentak di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Cianjur, diharapkan dapat mempersempit ruang gerak pengedar dan penyalahguna narkoba khususnya di kalangan anak muda.

"Ini merupakan tugas bersama bagaimana caranya menjaga generasi muda terhindar dari narkoba dan menjadi generasi produktif. Deklarasi serentak ini, menjadi salah satu upaya dalam menekan peredaran narkoba," ujarnya.

Pihaknya berharap semua kalangan ikut serta memerangi narkoba sebagai upaya menekan angka pengguna narkoba di Jabar menurun menimal di angka 2 persen atau berada di standar minimal yang berlaku secara internasional.

"Jabar ini menjadi percontohan dalam penanganan narkoba di tingkat nasional, sehingga harapan kami semua kalangan ikut serta memerangi dan menekan angka peredaran dan pengguna narkoba," katanya.

AYO BACA : Bupati Dadang Naser: BNN Perlu Dilibatkan dalam Pilkades

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA