Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Perjalanan 50 Tahun Ajinomoto dan Sejarah Umami

Rabu 14 Aug 2019 16:14 WIB

Red: Gita Amanda

Ajinomoto menginjak usia 50 tahun.

Ajinomoto menginjak usia 50 tahun.

Foto: Ajinomoto
Rasa Umami ditemukan lebih dari seabad yang lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa Umami ditemukan lebih dari seabad yang lalu. Tepatnya pada 1907, Dr Kikunae Ikeda memulai riset tentang Umami. Dr Ikeda menemukan bahwa komponen utama dari rasa umami adalah asam glutamat, salah satu asam amino, dan kemudian memperoleh paten untuk memproduksi bumbu penyedap makanan (monosodium glutamat) pada 1908.

Ambisi Ikeda saat itu adalah untuk memperbaiki status gizi di Jepang dan keinginannya untuk membuat makanan sederhana menjadi lebih lezat, yang membawa pada penemuan bumbu UMAMI AJI-NO-MOTO® untuk meningkatkan kelezatan pada makanan. Pada 1909, Dr Ikeda menyampaikan penemuannya pada Saburosuke Suzuki II, dan bersama-sama menjual bumbu UMAMI AJI-NO-MOTO® di Jepang. Hingga akhirnya, ide original ini menyebar ke seluruh dunia.

Baca Juga

PT Ajinomoto Indonesia sendiri didirikan 50 tahun yang lalu, pada bulan Juli 1969. Seiring berjalannya waktu, telah banyak pencapaian yang dihasilkan. Ajinomoto Indonesia selalu berupaya menjadi produsen makanan yang paling dapat diandalkan. Artinya, menjadi perusahaan yang dipercaya oleh semua masyarakat Indonesia, memiliki kepuasan karyawan yang tinggi, dan juga berkontribusi bagi perkembangan masyarakat Indonesia.

Melalui produk-produk berkualitas tinggi dan berbagai kegiatan, Ajinomoto Indonesia terus memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Dengan slogan dan filosofi globalnya, “Eat Well Live Well”, Ajinomoto Group menciptakan kehidupan yang lebih baik secara global dengan berkontribusi bagi kemajuan di bidang makanan dan kesehatan.

Untuk lebih mengenal sejarah ditemukannya rasa umami dan perjalanan sejarah 50th Ajinomoto Indonesia, dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

photo

Sejarah umami.

Untuk 50 tahun ke depan, Ajinomoto Indonesia Grup akan mencapai pertumbuhan dan kontribusi yang lebih lanjut bagi masyarakat Indonesia dengan berusaha menjadi perusahaan makanan yang paling dapat diandalkan. "Kami ingin mencapai pertumbuhan dalam 50 tahun mendatang bersama Anda. Eat Well Live Well," ujar Ajinomoto dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA