Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat

Rabu 14 Aug 2019 19:44 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Christiyaningsih

Hujan deras/ilustrasi

Hujan deras/ilustrasi

Foto: Flickr
Hujan lebat berpotensi terjadi dalam tiga hari ke depan yakni pada 14 – 16 Agustus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat. Hujan lebat berpotensi terjadi dalam tiga hari ke depan yakni pada 14 – 16 Agustus 2019 di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca Juga

Kabag Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana mengatakan potensi hujan lebat terjadi disebabkan oleh intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudera Hindia Barat Perairan Selatan Jawa hingga Teluk Carpentaria Australia. Kondisi tersebut mengurangi kelembaban udara/massa udara basah di lapisan bawah dan menengah sehingga menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya.

"Namun demikian, kondisi tersebut meningkatkan potensi pembentukan awan hujan pada wilayah di depan area intrusi massa udara kering akibat terbentuknya massa udara yang basah dan lembab di lapisan bawah," jelasnya dalam siaran pers, Rabu (14/8).

Taufan menyebut massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua. Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua Barat, dan Papua.

"Beberapa wilayah yang berpotensi hujan pada hari ini (14/8) hingga esok (15/8) yaitu Aceh, Sumatera Barat, Riau, dan Papua. Sementara untuk lusa (16/8) wilayah Sumatera Barat, Riau, dan Papua masih berpotensi hujan lebat," ujarnya.

Wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (14/8) hingga esok (15/8) yaitu Sumatera Utara dan Kalimantan Barat. "Untuk lusa wilayah yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir hanya Kalimantan Barat," tambahnya.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir atau kilat tersebut untuk selalu berhati-hati. Khususnya beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA