Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

Wednesday, 20 Zulhijjah 1440 / 21 August 2019

PDIP Dukung Pembentukan Dua Kementerian Baru

Rabu 14 Aug 2019 20:46 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Hasanul Rizqa

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto

Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Sebelumnya, Jokowi diketahui berencana membentuk kementerian baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung penuh keputusan presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo, untuk membentuk dua kementerian baru. Sebelumnya, sosok yang akrab disapa Jokowi itu berencana membentuk dua lembaga, yakni Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Investasi.

"Apa yang diputuskan Presiden Jokowi sejalan dengan hasil keputusan Kongres V Partai, khususnya terkait dengan desain dewan pimpinan partai dan desain kabinet yang senafas," kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Rabu (14/8).

Baca Juga

Sejalan dengan dukungan itu, lanjut Hasto, PDIP memandang perlunya dibangun inbond logistic melalui penguatan infrastruktur digital secara terintegrasi. Selain itu, menurut dia, perlu adanya penguatan manajemen, pemasaran dan kemampuan produksi. Hal itu dengan berfokus pada penerapan teknologi proses tepat yang berpijak pada daya inovasi pemuda-pemudi Indonesia.

Hasto menuturkan, bidang ekonomi kreatif dan digital perlu mendapat perhatian yang luas dari PDIP. Selain itu, bidang ini diisi pelaku ekonomi yang mayoritasnya adalah anak-anak muda atau kalangan usia produktif. Bagi Hasto, hal ini sejalan dengan realitas, PDIP menerima dukungan yang cukup signifikan dari pemilih muda.

Dia mengungkapkan, PDIP tercatat sebagai partai dengan jumlah kepala daerah dan anggota legislatif terbesar yang diisi anak-anak muda. Dengan ruang kepemimpinan itu, lanjut dia, maka PDIP menyatakan siap "jemput bola" untuk kebijakan pemerintah yang mendukung kreativitas kaum muda nasional.

"PDI Perjuangan juga memberikan landasan ideologis atas tugas kementerian tersebut, termasuk politik investasi guna memerkuat kedaulatan Indonesia di bidang ekonomi," kata Hasto lagi.

Mantan sekretaris tim pemenangan Jokowi itu menyebut, PDIP telah mempersiapkan anak-anak muda untuk aktif secara luas di dunia politik, ekonomi, ataupun sektor-sektor kreativitas bidang kebudayaan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo diketahui berencana untuk membentuk dua kementerian baru di kabinet periode keduanya. Dia mengatakan, hal itu dilakukan untuk merespons perkembangan dunia yang kian cepat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA