Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

SBY tak Akan Menahan Keputusan Soekarwo Mundur dari Demokrat

Kamis 15 Aug 2019 20:07 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani

 Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jawa Timur, Soekarwo di  kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3).

Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jawa Timur, Soekarwo di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Mantan Gubernur Jatim, Soekarwo mundur sebagai kader Demokrat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPP Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf membenarkan bahwa DPP telah menerima surat mundur kader Partai Demokrat yang juga mantan gubernur Jawa Timur, Soekarwo (Pakde Soekarwo). Ia menjamin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan menahan-nahan langkah Pakde Karwo tersebut.

"Saya kira Pak SBY tidak akan menahan ya karena kita tahu apa yang dilakukan ini semua untuk bangsa Indonesia," kata Nurhayati di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Ia pun mengungkapkan alasan DPP Partai Demokrat belum merespons terkait keputusan Soekarwo tersebut. Hal itu mengingat suasana duka masih menyelimuti SBY.

"Jadi keputusan DPP sendiri belum karena kita tahu bapak masih dalam suasana berduka ya, jadi surat itu kita tahu sudah diterima tetapi apa pun yang diputuskan ketua umum tentu yang terbaik," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, bahwa Partai Demokrat menghargai keputusan Soekarwo tersebut. Ia pun menyerahkan sepenuhnya keputusan yang diambil Pakde Karwo. Bagi Demokrat, mundurnya Pakde Karwo bukan persoalan kehilangan kader.

"Saya yakin jiwanya Pakde tetap bersama Demokrat," ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur membenarkan bahwa Soekarwo mengajukan surat pengunduran diri dari posisinya sebagai ketua. Hal tersebut lantaran Pakde Karwo menjadi komisaris utama PT Semen Indonesia Tbk.

“Saat ini, kami masih menunggu proses dari DPP,” ucap anggota DPRD Jatim tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA