Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Sandiaga tak akan Hambat Istrinya Maju di Pilkada Tangsel

Jumat 16 Aug 2019 09:01 WIB

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno (kiri) dan istri Nur Asia Uno (kanan menunjukkan jari yang telah dicelup tinta usai melakukan pencoblosan dalam Pemilu 2019 di TPS 02, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno (kiri) dan istri Nur Asia Uno (kanan menunjukkan jari yang telah dicelup tinta usai melakukan pencoblosan dalam Pemilu 2019 di TPS 02, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Foto: Antara/Galih Pradipta
Nur Asia Uno disebut-sebut masuk bursa calon Pilkada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sandiaga Uno mengaku tidak akan menghambat jika istrinya, Nur Asia Uno memang berniat maju sebagai calon wali kota Tangerang Selatan (Tangsel). Nur Asia Uno disebut-sebut masuk bursa calon Pilkada 2020 di kawasan tersebut.

"Saya serahkan ke beliau. Tentunya saya enggak mau membatasi karir beliau," kata Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (15/8).

Namun, mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan jika istrinya itu tidak memiliki karier politik. Dia mengatakan, Nur Asia merupakan ibu rumah tangga.

Nama Nur Asia diusulkan Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad untuk menjadi calon wali kota di Pilkada Tangsel. Dasco mengaku sudah membawa nama Nur Asia Uno kepada Ketua Umum partai sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto.

Usulan Dasco itu berkaca pada kenyataan jika perempuan yang akrab disapa Mpok Nur itu memiliki banyak penggemar di Tangsel. Istri Sandiaga itu dinilai populer khususnya di kalangan emak-emak pada Pilpres 2019 lalu.

Sandiaga mengaku juga telah membicarakan hal tersebut bersama dengan Dasco. Dia mengungkappkan, Dasco hingga saat ini belum mengambil keputusan terkait usulannya itu.

"Kelihatannya perlu masukan lebih banyak dari tokoh-tokoh dan masyarakat dari tangerang selatan," katanya.

Sementara, jelang Pilkada Kota Tangsel 2020, beberapa kandidat calon wali kota mulai bermunculan. Sudah ada beberapa nama yang santer disebut akan meramaikan kontestasi Pilkada Tangsel, yang tahapannya akan dimulai pada September 2019.

Nama-nama pemain lama, seperti Wakil Wali kota Tangsel saat ini Benyamin Davnie, Sekretaris Daerah Muhammad dan Adik Wali Kota Airin yakni Aldrin Ramadhan masuk dalam radar calon kepala daerah.

Sejumlah pemain baru seperti penulis muda Fahd Pahdepie, putri mantan Gubernur Atut yakni Andiara A Aprilia Hikmat, putri Wapres terpilih KH. Maruf Amin yakni Siti Nur Azizah, aktivis antikorupsi Ade Irawan hingga aktivis muda Tangsel Suhendar juga ikut meramaikan Pilkada Tangsel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA