Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Kurangi Sampah, Warga Depok Tinggalkan Wadah Sekali Pakai

Jumat 16 Agu 2019 18:06 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu

Makan dalam kemasan styrofoam

Makan dalam kemasan styrofoam

Foto: Dailytech
Warga di Kecamatan Cipayung, Kota Depok mengganti dengan gelas dan piring kaca.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebagai tindak lanjut terhadap deklarasi pengurangan sampah, warga Cipayung khususnya di lokasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Kecamatan Cipayung, Kota Depok, mulai meninggalkan wadah sekali pakai dengan wadah alternatif. Upaya itu dilakukan dalam berbagai kesempatan.

"Deklarasi sudah kita ucapkan dan ditandatangani bersama beberapa waktu lalu. Tindak lanjut dari komitmen itu, kita ganti kardus snack dengan gelas dan piring kaca untuk mengurangi sampah," ujar Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Cornelia Dewi, Jumat (16/8).

Menurut Cornelia, sejak deklarasi tersebut, pihaknya sudah membiasakan warga untuk tidak menggunakan wadah sekali pakai, terutama styrofoam. Dia berharap, seluruh warga bisa mengikuti dan mencontoh kebiasaan baik ini.

"Lokasi P2WKSS kan tempat berkumpulnya warga menjalankan program-program yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Kebiasaan ini bisa jadi contoh dan harapan kami, mudah-mudahan warga bisa menerapkan di rumah masing-masing," jelasnya.

Dia menambahkan, sebagai alternatif lain, masyarakat diminta untuk menggunakan atau membawa tempat makan maupun minum berbahan dasar organik atau bahan yang mudah terurai. Selain itu, dirinya menyarankan masyarakat untuk membawa botol dan tempat makan yang bisa dipakai berkali-kali.

"Kami berpesan kepada warga untuk membawa botol minum setiap hari, juga tempat makan. Hal kecil bisa membawa perubahan yang besar jika dilakukan bersama. Untuk itu, kami juga sudah memberikan contoh, dengan tidak menggunaan tempat sekali pakai," tutur Cornelia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA