Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Perpustakaan Desa Balecatur Sleman Terbaik se-Indonesia

Ahad 18 Aug 2019 20:43 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Elba Damhuri

 Penyerahan piagam penghargaan Perpustakaan Terbaik Tingkat  Desa/Kelurahan kepada Perpustakaan Desa Balecatur, Sabtu (17/8).

Penyerahan piagam penghargaan Perpustakaan Terbaik Tingkat Desa/Kelurahan kepada Perpustakaan Desa Balecatur, Sabtu (17/8).

Foto: dok. Pribadi
Perpustakaan Desa Balecatur Sleman sudah nelewati beberapa tahapan pembinaan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Perpustakaan Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, berhasil meraih prestasi membanggakan. Mereka menjadi perpustakaan tingkat desa/kelurahan terbaik di Indonesia.

Perpustakaan Desa Balecatur sendiri sudah nelewati beberapa tahapan pembinaan. Mulai Rintisan Desa Gemar Membaca (RDGM) 2016, Akreditasi Perpustakaan 2018 (A) dan Lomba Perpustakaan tingkat kabupaten dan provinsi.

Perpustakaan berdiri dan diresmikan Kepala Desa Balecatur, Sebrat Haryanti, 22 Agustus 2011. Lewat SK Nomor: 14/KEP.Kades/BLC/2011, berhasil meraih juara satu lomba perpustakaan desa tingkat nasional.

Penghargaan diserahkan Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Deni Kurniadi. Turut mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman dan Kades Balecatur.

Kejuaraan ini digelar Perpustakaan Nasional RI di Jakarta mulai 14-16 Agustus 2019. Lomba ini merupakan puncak rangkaian acara yang sudah dilaksanakan seleksi tingkat kabupaten/kota.

Mulai penentuan pemenang tingkat provinsi, pengiriman berkas tingkat nasional, dan penyeleksian berkas. Terakhir, ada visitasi lapangan yang dilakukan langsung juri-juri.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Deni Kurniadi menilai, kompetisi tahunan ini dihelat untuk mengukur kinerja perpustakaan umum di desa-desa dan kelurahan-kelurahan.

Pada tahap final, sebanyak 18 perpustakaan desa/kelurahan mewakili provinsi masing-masing bersaing untuk menjadi yang terbaik dari tiga klaster. Ada Klaster A, B, dan C. 

"Di mana Perpustakaan Desa Balecatur masuk pada kategori kluster A," kata Deni, Sabtu (17/8).

Kepala Perpustakaan Desa Balecatur, Probowo Wulantopo menuturkan, Perpustakaan Sumber Ilmu memiliki visi Maju bersama Perpustakaan Sumber Ilmu Mewujudkan Masyarakat Desa Balecatur yang Cerdas dan Berkualitas.

Ia menilai, perpustakaan desa memiliki peran yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Baik masyarakat desa di sekitar perpustakaan maupun masyarakat luas pada umumnya.

Menggerakkan kegiatan gemar membaca untuk generasi muda di zaman serba elektronik dirasa sangat penting. Prabowo berharap, minat baca buku di kalangan anak-anak tetap terpelihara.

Perpustakaan Desa Balecatur turut memiliki motto Maju Desaku Bersama Sumber Ilmu. Tujuannya, senantiasa melayani masyarakat dengan penuh semangat baru dan harapan baru.

"Agar perpustakaan desa dapat memberikan pelayanan yang nyaman dan baik untuk masyarakat wilayah Desa Balecatur khususnya. dan masyarakat luas pada umumnya," ujar Prabowo.

Perpusdes Balecatur memiliki beberapa layanan yang cukup menarik dan dapat dijadikan unggulan dibanding perpustakaan lainnya. Ada Layanan Perpustakaan Keliling, Layanan Pojok Baca, Home Theater dan Audio Visual.

Ada pula Ruang Baca Anak, Sekolah Kamis dan Sekolah Seni Budaya, Bahkan, secara daring, masyarakat luas dapat mengunjungi Perpusdes Balacatur di https://www.perpusnas.go.id/news.

"Diharapkan menjadi pemantik bagi berkembangnya perpusdes lainnya tidak hanya di Sleman tapi juga daerah lain," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ayu Laksmi Dewi, menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA