Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

HUT Ke-74 Jabar, Emil Genjot Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Senin 19 Aug 2019 12:35 WIB

Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung

HUT ke-74 Jabar, Emil Genjot Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

HUT ke-74 Jabar, Emil Genjot Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Jabar akan dijadikan sebagai provinsi dengan pusat kegiatan ekonomi kreatif termaju.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, beserta jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar upacara bendera di Lapangan Gasibu, Bandung, Senin (19/8/2019). Upacara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Provinsi Jabar.

Dalam kesempatan tersebut, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, didaulat menjadi inspektur upacara. Dirinya juga menyampaikan pidato soal fokus pembangunan Jabar selama masa kepemimpinanya lima tahun ke depan. 

Salah satu hal yang akan menjadi prioritas, dia mengatakan adalah pengembangan sektor pariwisata dan industri ekonomi kreatif. 

"Pembangunan Jawa Barat secara umum diarahkan kepada pengembangan industri pariwisata, ekonomi kreatif dan digital," ungkap Emil dalam pidatonya.

Hal ini didasarkan pada tingginya potensi pariwisata Jabar yang tersebar di tiap kabupaten/kotanya, dan dapat meningkatkan pendapatan daerah apabila dikelola dengan baik. Jabar juga bahkan pernah menyabet predikat Provinsi Paling Mempesona pada 2018.

Hal tersebut dapat diwujudkan dan ditopang melalui tingginya angka investasi yang masuk ke Jabar tahun lalu, yang tercatat sebagai angka tertinggi se-Indonesia.

"Pada 2018 Jawa Barat adalah provinsi nomor satu destinasi investasi Indonesia sebesar Rp160 triliyun. Jabar juga dianugerahi Provinsi Paling Mempesona dan sebagai destinasi wisata halal," ungkapnya.

Di samping itu, ia juga berniat menjadikan Jabar sebagai provinsi dengan pusat kegiatan ekonomi kreatif termaju. Salah satu awalnya adalah dengan memiliki Perda Ekonomi Kreatif yang belum dimiliki daerah lain.

"Jabar adalah satu-satunta daerah denga Perda Ekonomi Kreatif. Kita juga akan bangun pusat kreativitas anak muda di 27 kabupaten/kota, sekarang sudah ada di Purwakarta, Bogor, Tasikmalaya dan Cirebon," tuturnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA