Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

PLN Resmikan Rumah Kreatif BUMN Blitar

Selasa 20 Aug 2019 04:28 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih

PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur baru saja meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Blitar, Kamis (15/8). 

PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur baru saja meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Blitar, Kamis (15/8). 

Foto: dok. PLN UID Jatim
RKB Blitar dapat membentuk para pelaku UMKM yang berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur baru saja meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Blitar, Kamis (15/8). Wadah ini nantinya ditunjukkan sebagai rumah bersama untuk berkumpul dan belajar dalam memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Senior Manager General  Affairs UID Jatim, A Rasyid Naja berharap, RKB Blitar dapat membentuk para pelaku UMKM yang berkualitas. Salah satunya dengan membekali mereka melalui materi pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan kapasitas usaha masing-masing.

Baca Juga

"Serta mampu menjadi sentra edukasi sekaligus digitalisasi usaha para pelaku UMKM,” ujar Rasyid.

Menurut Rasyid, PLN UID Jawa Timur telah bekerjasama dengan Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna (Pertakina) untuk proses pengelolaannya. Oleh sebab itu, kegiatan RKB nantinya akan diisi dengan serangkaian kegiatan yang menumbuhkembangkan pengetahuan dan ketrampilan pelaku UMKM. Antara lain, melalui program pembinaan, pendampingan usaha mingguan, pelatihan rutin bulanan dan pengelolaan ruang pamer produk UMKM.

PLN sengaja meletakkan RKB di pusat kota agar mudah dijangkau. Apalagi, RKB Blitar memiliki beberapa keunggulan seperti pesatnya berbagai komunitas UMKM di wilayah Blitar Raya. Blitar juga termasuk salah satu kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) terbesar di Indonesia yang sedang mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Dengan adanya RKB ini, Walikota Blitar, Wikandrio mengaku sangat mengapresiasinya. Menurut dia, wadah ini dapat membantu pengembangan UMKM di kotanya menjadi 10 ribu. "Semoga ke depannya mampu memperluas jejaring dan kemitraan UMKM kami ini,” jelas Wikandrio, melalui pesan resmi yang diterima Republika.co.id, Kamis (15/8).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA