Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Poltek Kesos Perkuat Pola Pembelajaran

Selasa 20 Aug 2019 13:48 WIB

Red: EH Ismail

Studi banding Poltek Kesos

Studi banding Poltek Kesos

Foto: Humas Poltek Kesos
Kampus ini sudah mempersiapkan lahan di Bandung Selatan untuk kampus pembelajaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Poltek Kesos memperkuat pola pembelajaran baik di dalam maupun luar kelas. Hal tersebut dimaksudkan untuk menambah kapasitas keilmuan dan mental anak didik. Sehingga mereka lebih siap untuk bekerja.

Pembenahan ini juga dilakukan baik secara keorganisasian maupun pengembangan materi perkuliahan. Semua itu dirancang ke arah vokasi dan praktek. “Kami melihat pada posisi poltek kesos sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dinaungi kemensos untuk menjadi pusat gagasan bagi pemecahan dan penyelesaian masalah sosial yang demikian besar secara kuantitatif dan jenisnya, juga cara menyelesaikannya,” ujar Direktur Poltek Kesos, DR Marjuki dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (20/8).

Kemensos menghadapi tantangan untuk menyelesaikan sejumlah persoalan bangsa. kementerian ini juga mendapat amanah untuk menyelesaikan kemiskinan, kebencanaan, keterlantaran, ketunaan, kedisabilitasan, eksploitasi, diskriminasi. Ini butuh cara cepat dan taktis agar diperoleh teknik dan strategi penyelesaian yang paling mutakhir.

Untuk itu, poltek kesos melakukan studi banding ke berbagai poltek lainnya belajar tentang tata kelola dan manajemen pembelajaran dengan kelengkapan peralatan pendukungnya. “Dimulai dari visi, misi, manajemen organisasi, manajemen pengelolaan administrasi, manajemen kelas, manajemen praktek lapangan, dukungan peralatan perkuliahan, jaringan kelembagaan bagi peluang lulusan memperoleh lapangan kerja,” ujar Dr Marjuki.

Tidak tanggung tanggung, poltek kesos melakukan studi banding ke Hongkong, Malaysia, Poltek Negeri di Jakarta, Malang, Semarang. Diharapkan dari studi banding ini diperoleh masukan bagi pengembangan poltek kesos ke depan. Saat ini poltek kesos sudah mempersiapkan lahan di Bandung Selatan yang representatif untuk kampus. Di sana akan lebih banyak prakek dalam pembelajarannya.

Poltek kesos mengemban misi mencetak tenaga tenaga terdidik dan terlatih dalam memecahkan masalah sosial yang menjadi tanggung jawab kemensos sebagai institusi yang dipercaya dalam struktur kelembagaan negara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA