Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Mendagri Perintahkan Gubernur Papua-Jatim Tetap di Daerah

Selasa 20 Aug 2019 14:52 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/8).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/8).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Adanya rencana pertemuan Gubernur Papua Barat, Papua dan Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengintruksikan kepala daerah baik di Papua, Papua Barat, maupun Jawa Timur tetap di daerahnya selama situasi belum kondusif. Tjahjo menginginkan Pemerintah daerah untuk menyelesaikan persoalan di daerahnya masing-masing. Pernyataan itu disampaikan Tjahjo, menyusul adanya rencana pertemuan Gubernur Papua Barat, Papua dan Jawa Timur.

"Saya kira sudah telpon ke Pak Gubernur Enembe. Sekarang menyelesaikan permasalahan di daerah dulu, gubernur untuk tidak meninggalkan daerah dulu," ujar Tjahjo saat ditemui di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/8).

Tjahjo menjelaskan, jika situasi di daerahnya, sudah kondusif, barulah para kepala daerah dipersilahkan untuk mengadakan pertemuan.

"Kalau sudah kondusif, silakan mau ketemu dengan Gubernur Jatim. Nanti kita usulkan diundang Pak Menkopolhukam, Pak Kapolri, kemudian Gubernur Papua Barat sekaligus Gubernur Papua ketemu dengan mahasiswa di Malang, Surabaya," kata Tjahjo.

Namun demikian, Tjahjo belum dapat memastikan kepastian rencana pertemuan tersebut. "Soal waktunya terserah gubernur Papua dan Jatim kapan," ujar Tjahjo.

Tjahjo mengungkapkan, laporan dari Gubernur Papua maupun Papua Barat juga perkembangan situasi di Manokwari, Sorong maupum Jayapura sudah kondusif.

"Sudah kondusif nggak ada masalah," ujar Tjahjo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA