Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

DPR Minta Pemerintah Jamin Keamanan di Papua

Rabu 21 Aug 2019 12:27 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah

Fahri Hamzah, Wakil ketua DPR Republik Indonesia.

Fahri Hamzah, Wakil ketua DPR Republik Indonesia.

Foto: Republika
Presiden harus pastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta agar pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ketenangan bagi masyarakat di Papua. Presiden harus pastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang.

Baca Juga

"Obatilah perasaan tersinggung orang, perasaan luka orang, perasaan kecewa bahwa diperlakukan secara tidak baik, Presiden harus memberikan jaminan perasaan itu," kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

Selain jaminan, Fahri menuturkan, pemerintah harus menjamin memberikan tindakan tegas kepada orang yang melakukan penghinaan tersebut. Para kepala daerah juga diminta untuk turun tangan menengahi persoalan tersebut.

"Jangan sampai ini berlanjut dan pecah menjadi konflik sosial yang akan merugikan kita semua. Lukanya nanti dalam, lama mengobatinya. Imbaua-imbauan ini harus segera disampaikan supaya kita semua tenang," ujarnya.

Kemudian, Fahri menambahkan, aparatur keamanan negara juga juga diharapkan turun untuk menenangkan masyarakat. Dia selaku pimpinan DPR juga meminta supaya aksi pengrusakan itu dihentikan. "Dan penghentiannya itu dilakukan secara baik sedemikian rupa sehingga betul betul tidak menjalar," imbaunya.

Sementara itu terkait adanya usulan pembentukan tim pencari fakta, ia menilai hal tersebut bisa dilakukan nanti. Sekarang saatnya pemerintah untuk membuat suasana kondusif terlebih dahulu.

"Presiden di sini harus agak nampak dong, yang kemarin-kemarin agak keras ngomongnya, kok yang ini kurang keras sehigga orang tuh enggak merasa mantap, ya misalnya orang disuruh sabar, itu enggak mantap," ucapnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA